Didesak FIFA, Iran izinkan perempuan menonton sepak bola

- Jumat, 26 Agustus 2022 | 20:20 WIB

Hops.ID - Kabar baik bagi perempuan di Iran. Untuk pertama kalinya, mereka diizinkan hadir di stadion untuk menonton pertandingan.

Dalam sebuah video yang beredar di sekitar stadion Azadi Iran, pada hari Kamis 25 Agustus 2022, tampak ratusan sejumlah perempuan memasuki stadion melalui gerbang terpisah dari pria.

Sementara pengawas wanita ditempatkan di pintu masuk untuk memandu para fans perempuan itu memasuki stadion. Dan pendukung perempuan itu duduk terpisah dari laki-laki.

Baca Juga: Iran dan Venezuela resmi jalani kerjasama menentang Hegemoni Amerika Serikat

“Kami senang perempuan hadir di stadion Azadi,” kata akun resmi Esteghlal FC, dilansir Hops.ID dari Al Jazeera, Jumat 26 Agustus 2022.

Hingga artikel ini dimuat, belum ada kejelasan berapa banyak wanita yang diizinkan menonton pertandingan antara Esteghlal FC – salah satu tim terbesar dan terpopuler di Teheran dan Iran – dan Sanat Mes Kerman FC.

Sementara regulas dari Kementerian Kesehatan mengimbau agar stadion sepak bola diisi maksimal 30 persen dari kapasitas keseluruhan. Stadion Azadi sendiri menampung lebih dari 80.000 penonton.

Baca Juga: Serikat pekerja Korea Selatan protes atas rencana latihan perang yang dirancang Amerika Serikat

Sebagai informasi, bahwa pertandingan Kamis kemarin terjadi usai badan sepak bola internasional FIFA dan mitranya di Asia, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), meminta pihak berwenang Iran untuk mengizinkan perempuan masuk stadion.

“Di mana pun, kita bisa menyiapkan stadion untuk partisipasi perempuan, tidak ada halangan, tapi syaratnya adalah stadion siap,” kata Menteri Dalam Negeri Iran, Ahmad Vahidi.

Halaman:

Editor: Anisa Widiarini

Sumber: Al Jazeera

Tags

Artikel Terkait

Terkini