Miris! Impian pesepakbola Palestina untuk hadir di Piala Dunia Qatar 2022 terhalang blokade Israel

- Kamis, 15 September 2022 | 16:46 WIB
Pesepakbola Palestina (Twitter @worldpak2)
Pesepakbola Palestina (Twitter @worldpak2)

Hops.ID - Pesepakbola Palestina, yang juga merupakan warga Gaza, mengecam blokade Israel yang telah berjalan selama 15 tahun membatasi kebebasan warga.

Diketahui Pesepakbola Palestina bernama Fadi Jaber ini sangat gembira ketika Qatar memenangkan tawaran untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Pesepakbola profesional Palestina yang kini berusia 32 tahun itu memulai karier di klub lokal di Jalur Gaza yang terkepung Israel. Menariknya, Fadi Jaber kini menjadi pemain tim nasional Palestina.

Baca Juga: Mengenal Josip Broz Tito, tokoh Yugoslavia dan sahabat Bung Karno yang dapat gelar Doktor Kehormatan Unpad

“Itu adalah momen yang luar biasa, pertama kalinya sebuah negara Arab akan menjadi tuan rumah Piala Dunia,” kata Fadi, dilansir Hops.ID dari laman Al Jazeera pada Kamis, 15 September 2022.

“Saat mendengar kabar itu, saya dan rekan-rekan pesepakbola (Palestina) sangat senang. Kami berharap akan berada di sana, untuk sekadar menghadiri Piala Dunia, atau bahkan dapat mengambil bagian di dalamnya,” katanya lagi.

Meski demikian, Fadi Jaber dan rekan-rekannya sadar bahwa merealisasikan hal itu adalah sulit. Bukan karena soal teknik bermain sepak bola, tetapi pembatasan yang diberlakukan Israel untuk warga Gaza bepergian.

Baca Juga: Hubungan Israel-Palestina makin runyam, kini peperangan terjadi hampir setiap hari

Blokade Israel selama 15 tahun telah membatasi hak untuk bepergian secara bebas bagi warga Palestina di Jalur Gaza. Ini membuat rencana untuk pergi ke mana pun tidak mungkin tercapai.

Halaman:

Editor: Alfiyah Rizzy Afdiquni

Sumber: Al Jazeera

Tags

Artikel Terkait

Terkini