Lirik dan makna politis lagu No Surprise Radiohead, viral dicover ulang Efek Rumah Kaca

- Kamis, 22 September 2022 | 10:52 WIB

Hops.ID - No Surprises adalah sebuah lagu dari band rock alternatif Inggris Radiohead. Album ini dirilis sebagai single keempat dari album ketiga legendaris mereka OK Computer pada 12 Januari 1998. 

Lagu No Surprise meski secara resmi dirilis Radiohead pada tahun 1998, tapi sebetulnya telah ditulis sejak 1996. Vokalis Radiohead, Thom Yorke, menyatakan bahwa proses pembuatan lagu No Surprise cukup panjang. Hal tersebut dinyatakan secara implisit dalam satu pernyataan berikut ini.

"Kita bisa jatuh kembali saat melakukan rekaman menyedihkan, secara lirik. Tapi saya tidak ingin hal tersebut terjadi, sama sekali," kata Thom Yorke merujuk lagu No Surprise, dilansir Hops.ID dari laman Steemit, Kamis 22 September 2022.

Baca Juga: Lirik lagu Satu Bintang Antique Band, yang viral di tahun 2000an

"Dan saya sengaja hanya menuliskan semua hal positif yang saya dengar atau lihat," katanya lagi.

Setelah materi rampung ditulis dan siap untuk rekaman, para personil Radiohead berangkat ke St Catherine's Chourt, di mana album itu direkam. No Surprises juga sebenarnya direkam hanya dalam satu kali pengambilan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Radiohead tidak bertujuan untuk membuat lagu sedih seperti dua album sebelumnya, tetapi menginginkan nuansa yang lebih melankolis pada lagu tersebut.

Baca Juga: Viral reuni Tiket Band, berikut lirik lagu Hanya Kamu yang Bisa

"Berusaha untuk meniru mood dari lagu Louis Armstrong yang terkenal What a Wonderful World," katanya.

Lirik lagu No Surprise menggambarkan ketidakpuasan terhadap tatanan sosial dan politik di dunia. Selain itu, memiliki tendensi pada kehidupan yang serba tidak memuaskan.

Halaman:

Editor: Wefni Azlen

Sumber: steemit.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini