Pecatur juara dunia Magnus Carlsen kalah dalam turnamen, sebut lawan curang hingga hentikan pertandingan

- Selasa, 27 September 2022 | 18:56 WIB
Magnus Carlsen (Instagram @magnus_carlsen)
Magnus Carlsen (Instagram @magnus_carlsen)

Hops.ID- Pecatur dunia, Magnus Carlsen beberapa waktu lalu sempat menghebohkan dunia catur, lantaran ia mengundurkan diri dari turnamen Piala Sinquefield di AS setelah dikalahkan oleh Niemann pecatur yang lebih muda 12 tahun darinya.

Magnus Carlsen sendiri diketahui sudah 5 kali menjadi juara catur dunia.

Bahkan, Magnus Carlsen mengatakan bahwa keputusannya mengundurkan diri secara tiba-tiba dari turnamen Piala Sinquefield tersebut merupakan keputusan profesional untuk mempertahankan permainan catur.

 Baca Juga: Mengejutkan! Intan sampai diminta lakukan upacara adat karena Rehan muncul dalam mimpinya: Dia gak nyata

Diketahui keputusan Carlsen mengundurkan diri dari turnamen tersebut lantaran Niemann dianggap telah bermain dengan curang.

Nieman sendiri pernah mengaku bahwa ia pernah curang dalam permainan catur online ketika usianya 12 tahun dan 16 tahun, namun ia menegaskan tidak pernah curang dalam permainan tatap muka.

Niemann pun membantah tuduhan kecurangan yang dilontarkan Carlsen padanya.

Sebelumnya Carlsen mengatakan bahwa ia tidak ingin bermain dengan seorang yang sudah menipu berulang kali di masa lalu, karena ia tidak tahu apa yang mampu dilakukan dimasa yang akan datang.

“Saya tahu bahwa tindakan saya telah membuat frustasi banyak orang di komunitas catur," tulis Carlsen dalam sebuah pernyataan. “saya frustasi, saya ingin bermain catur, saya ingin terus bermain catur di level tertinggi di event-event terbaik.” kata carlsen dikutip dari daily pada 27 September 2022

Halaman:

Editor: Wefni Azlen

Sumber: dailymail.co.uk

Tags

Terkini