Geram! Amnesty Internasonal Indonesia tegur aparat keamanan menggunakan gas air mata untuk membubarkan massa

- Senin, 3 Oktober 2022 | 20:22 WIB
Direktur Amnesty Internasional Indonesia menyoroti penggunaan gas air mata yang digunakan aparat keamanan. (Instagram @usmanham_id)
Direktur Amnesty Internasional Indonesia menyoroti penggunaan gas air mata yang digunakan aparat keamanan. (Instagram @usmanham_id)

Hops. ID - Amnesty Internasional Indonesia saat ini ikut menanggapi mengenai tragedi Kanjuruhan di Malang,Jawa Timur yang menewaskan banyak suporter sepakbola Arema dan Persebaya Surabaya.

Menurut Direktur Eksekutif Amnesty Internasional Indonesia yakni Usmad Hamid, penggunaan gas air mata telah dilarang oleh FIFA untuk mengamankan suporter sepakbola yang mengalami kisruh di stadion.

“Penggunaan kekuatan yang berlebih-lebihan oleh aparat keamanan negara untuk mengatasai atau mengendalikan massa seperti itu tidak bisa dibenarkan karena akan berdampak langsung pada hak untuk hidup orang lain,” kata Direktur Eksekutif Amnesty Indonesia Usman Hamid dilansir dari youTube AanPiX pada 3 Oktober 2022.

Baca Juga: Waduh! Kisruh tewasnya korban tragedi Kanjuruhan akan sebabkan pihak yang terlibat dihukum 5 tahun penjara

Usman meminta Polri untuk mengusut tuntas kasus tersebut dan memberikan sanksi kepada personel polisi yang melakukan pelanggaran dalam mengendalikan massa dengan menggunakan gas air mata di stadion.

Pemerintah harus membentuk tim khusus untuk mengungkap fakta atas tragedi kemanusiaan yang terjadi setelah laga pertandingan Liga-1 2022, antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya pada 1 Oktober 2022.

Tragedi Kanjuruhan ini, harus diusut tuntas. Pengusutan tuntas tragedi kemanusian ini, bila perlu dengan pembentukan Tim Gabungan Pencari Fakta karena hak hidup ratusan orang hilang begitu saja. Dan ini benar-benar sangat memilikan kita semua. Dan ini benar-benar merupakan tragedi kemanusian yang sangat menyeramkan,” ujar Usman.

Baca Juga: Simpati dengan Lesti Kejora, Roy Kiyoshi sudah lihat aura abu-abu Rizky Billar: Memang tak tulus mencintai!

Usman menjelaskan jika aturan penggunaan gas air mata telah tercantum dalam regulasi Internasional dari FIFA berdasarkan Pasal 19b.

Halaman:

Editor: Ratih Nugraini

Sumber: youTube AanPiX

Tags

Artikel Terkait

Terkini