Dirut PT LIB sebut Liga 1 kemungkinan bisa digelar lagi mulai 2 Desember 2022

- Rabu, 16 November 2022 | 10:29 WIB
BRI Liga 1 (Liga Indonesia Baru)
BRI Liga 1 (Liga Indonesia Baru)

Hops.ID - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus menyebut kelanjutan Liga 1 musim 2022/23 kemungkinan digelar mulai 2 Desember 2022.

Ferry Paulus merupakan Dirut PT LIB yang baru hasil RUPS LIB, di Hotel Sultan, 15 November 2022. Ia fokus untuk bisa menjalankan kembali kompetisi pasca Tragedi Kanjuruhan.

"Paling realistis dimulai kembali tanggal 2 Desember. Mulai besok akan ada proses pengajuan perizinan dan beberapa hari ke depan mungkin ada perkembangan," ujar Ferry Paulus, usai RUPS Luar Biasa LIB.

Baca Juga: Wajib tahu! Ini bedanya simpanan, tabungan, dana darurat, dan investasi

Mantan Direktur Olahraga Persija itu akan mengikuti semua arahan dari pemerintah terkait dengan bergulirnya kompetisi. Hal ini yang ditunggu-tunggu para kontestan Liga 1 dan Liga 2.

Namun, PT LIB belum dapat memastikan soal format kelanjutan Liga 1, apakah tetap dengan kandang-tandang seperti kompetisi pada umumnya, atau kembali ke sistem bubble, seperti musim sebelumnya.

"PT LIB dan pemegang saham paling menginginkan format home and away. Akan tetapi, kami mengikuti keputusan pemangku kepentingan," kata Ferry.

Baca Juga: Bukan ibunya, sosok ini justru yang membuat Keisha Alvaro damai dengan Pasha Ungu: Gimana pun, itu ayahmu

Perihal jadwal, Komisaris Utama PT LIB, Juni Rahman menyebut jika bergulir 2 Desember 2022, maka Liga 1 masih bisa berputar dengan format kandang-tandang sampai waktu selesai kompetisi, 16 April 2023.

Jika format ini digunakan, maka masa pemulihan pemain bisa empat sampai lima hari antar pertandingan dan ini juga dengan catatan liga berlangsung saat Piala AFF 2022.

"Namun, kalau tak berlangsung juga pada tanggal 2 Desember, akan sangat berat untuk home and away karena waktu pemulihan pemain sangat singkat," kata Juni.

Baca Juga: Erik ten Hag marah besar, Cristiano Ronaldo siap-siap angkat koper dari Manchester United

Sebelumnya, PT LIB memiliki tiga rencana tanggal dimulainya Liga 1, yakni 18 November, 25 November dan 2 Desember 2022.

PT LIB menargetkannya selesai pada 16 April 2023 demi memberikan ruang untuk pelaksanaan Piala Dunia U20 2023 yang dimulai pada Mei 2023.

Liga 1 sebelumnya dihentikan sementara sejak 2 Oktober 2022 menyusul Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 135 suporter. ***

Editor: Dion Yudhantama

Sumber: Antara

Tags

Terkini