Berhasil bikin malu Jerman di Piala Dunia 2022, pelatih Jepang beberkan kunci kemenangan timnya

- Kamis, 24 November 2022 | 14:33 WIB
Pelatih Hajime Moriyasu membeberkan bagaimana Jepang bisa membuat Jerman takluk di Piala Dunia 2022 (Instagram @japanfootballassociation)
Pelatih Hajime Moriyasu membeberkan bagaimana Jepang bisa membuat Jerman takluk di Piala Dunia 2022 (Instagram @japanfootballassociation)

Hops.ID - Agresif, rapih, dan gigih menjadi kunci kemenangan Jepang atas Jerman di Piala Dunia 2022. Jepang menang 2-0 atas lawannya yang merupakan salah satu favorit juara.

Jepang menaklukan Jerman di fase Grup E Piala Dunia 2022 yang dilangsungkan di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Rabu 23 November 2022 malam WIB.

Pelatih Hajime Moriyasu membeberkan kunci kemenangan timnya atas Der Panzer. Ia mengatakan juga bahwa kemenangan ini merupakan sejarah bagi tim nasional negaranya.

Baca Juga: Sukses jadi penyanyi dan aktor, Devano Danendra kini buka bisnis pijat refleksi

"Saya percaya ini adalah momen bersejarah, kemenangan bersejarah," kata Moriyasu dikutip dari The Guardian.

Moriyasu mengakui bahwa Jerman memiliki pertahanan yang bagus. "Mereka memiliki Neuer di mistar gawang. Namun skuad kami bermain cerdas dan bagus. Jepang berjuang sangat keras di pertandingan ini," tuturnya.

Kemenangan Jepang membangkitkan slogan Asian Dream di Piala Dunia. Edisi 2022 ini juga dianggap sebagai kebangkitan tim-tim Asia.

Baca Juga: Tak ingin ikuti jejak Wulan Guritno nikah muda, Shalom Razade berani pepet si kekasih di tempat tak biasa

Moriyasu sebelumnya melihat Arab Saudi membuat kejutan dengan mengalahkan Argentina. Maka ia juga ingin membawa kemenangan bangsa Asia di Piala Dunia.

"Ini jelas kejutan besar dan kami sekarang mencapai standar global. Kami melihat Arab Saudi mampu menang dan mengejutkan Argentina, jadi kami juga ingin menunjukkan kemampuan sepak bola Asia yang kami punya," tambah pelatih berusia 54 tahun itu.

Tapi tidak hanya soal kegigihan dan kerja keras, Moriyasu menambahkan bahwa komposisi pemain Jepang juga menjadi salah satu faktor kemenangan tim asuhannya.

Baca Juga: Wajib militer telah tiba, Jin BTS melarang ARMY untuk datang ke tempat pelatihan

Saat ini banyak pemain Jepang yang merantau ke kompetisi benua biru, mulai dari Bundesliga hingga Premier League di Inggris.

"Dari enam pemain di skuad kami, empat bermain di Bundesliga, dua di Liga Premier. Mereka bertarung di liga-liga tangguh yang sangat kuat ini. Mereka telah membangun kekuatan mereka. Liga-liga tersebut memeberikan kontribusi pada perkembangan pemain kami. Saya sangat berterima kasih untuk itu," ujarnya.

Sebelumnya Jepang sudah tiga kali bertemu dengan Jerman. Samurai Blue belum pernah sekalipun menang dan hanya meraih hasil imbang dan dua kali kalah.

Baca Juga: Maudy Ayunda bedah buku Why We Sleep karya Matthew Walker, waspada bahaya kurang tidur!

Jepang juga membuat sejarah dengan untuk pertama kalinya menang setelah kebobolan sebelumnya.

Tentu saja dengan kemenangan ini, Jepang membuka peluang melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Wataru Endo dan kawan-kawan saat ini berada di posisi kedua klasemen Grup E, dan hanya kalah selisih gol dari Spanyol.***

Editor: Dion Yudhantama

Sumber: The Guardian

Tags

Terkini