Piala Dunia 2022: Iran bungkam Wales 2-0, mantapkan posisi di peringkat dua klasemen sementara

- Sabtu, 26 November 2022 | 09:08 WIB
Bendera Iran (AP)
Bendera Iran (AP)
 
Hops.ID - Iran berhasil melibas Wales 2-0 dalam lanjutan laga Piala Dunia 2022 grup B. Kemenangan ini membuat Iran jadi tim asal Asia berikutnya yang berjaya di Qatar. 
 
Adapun, kemenangan yang diraih Iran atas Wales ini cukup dramatis. Bukan tanpa alasan disebut demikian. Sebab, Iran menyarangkan bola ke gawang lawan pada menit 90+8 dan 90+13.
 
Adapun dua gol yang dicetak Timnas Iran masing-masing disarangkan oleh Rouzbeh Cheshmi dan Ramin Rezaeian. 
 
 
Kemenangan yang diraih Iran itu pun sekaligus membuka kans Team Melli--julukan Timnas Iran untuk lolos dari fase Group sekaligus menuju babak ke-16 besar Piala Dunia 2022.
 
Iran kini mengoleksi tiga poin dari dua laga yang sudah dimainkan dan kini berada di peringkat kedua klasemen sementara grup B.
 
Sementara, Timnas Wales belum pernah meraih kemenangan dari dua laga yang telah dimainkan.  Sebelumnya, anak asuh Rob Page hanya meraih hasil imbang saat lawan AS.
 
Jalannya laga
 
Iran dan Wales saling jual beli serangan pada 10 menit babak pertama. Wales sempat memiliki kans untuk mencetak gol lewat tendangan Kieffer Moore. Namun sayang tendangannya masih bisa dihalau kiper Iran, Hossein Hosseini.
 
Iran pun tidak hanya menahan serangan dari Bale dan kawan-kawan. Mereka juga menunjukkan aksinya dengan serangan mematikan lewat Ali Gholizadeh.
 
Terbukti pada menit ke-15, Ali sukses sarangkan bola ke gawang Wales. Namun sayang gol tersebut dianulir wasit setelah melihat VAR dan dinyatakan offside.
 
 
Kedua tim harus puas dengan skor kacamata 0-0 di babak pertama. Kemudian, pada paruh kedua, Iran langsung tancap gas untuk memborbardir pertahanan dari Wales, sehingga membuat pertahanan Wales Kelabakan.
 
Hal itu terbukti pada menit 51, setidaknya ada dua percobaan dari Sardar Azmoun dan Ali Gholizadeh. Namun kedunya masih membentur tiang.
 
Kendati demikian, walau Iran terus-terusan menyerang, namun secara aliran bola masih dominan dipegang oleh Bale dan kolega.
 
Kemudian pada menit 85, kiper Wales, Wayne Hennessey mendapat kartu merah, sebab mengangkat kaki terlalu tinggi, yang membahayakan pemain Iran, Mehdi Taremi.
 
 
Alhasil, Wales kian kelabakan membendung serangan-serangan Iran. Pada waktu tambahan, sepakan keras gelandang jangkar Iran, Rouzbeh Cheshmi dari luar kotak penalti morebek jala gawang Wales, yang kini dikawal kiper Danny Ward. Iran pun memecah kebuntuan. Skor berubah 1-0.
 
Kemudian, Iran menyarangkan gol keduanya pada menit 90+13 dari skema serangan balik cepat. Gol kali ini dicetak oleh Ramin Rezaeian. Skor menjadi 2-0 hingga akhir laga.
 
Dengan demikian, Iran kini menempati posisi dua klasemen sementara grup B Piala Dunia 2022 dengan tiga poin, terpaut satu poin dari Inggris yang ada di peringkat pertama. Sementara Wales berada di dasar klasemen dengan poin 1, di bawah AS yang mengoleksi 2 poin. ***
 

Editor: Dion Yudhantama

Sumber: Suara

Tags

Terkini