Rusia tidak ke Piala Dunia 2022, penggemar sepak bola di Moskow ramai-ramai dukung Serbia

- Senin, 28 November 2022 | 13:19 WIB
Sejumlah warga Rusia mendukung Serbia di gelaran Piala Dunia 2022 (Twitter @teamrussia)
Sejumlah warga Rusia mendukung Serbia di gelaran Piala Dunia 2022 (Twitter @teamrussia)

Hops.ID - Rusia memang sedang dilarang FIFA untuk aktif di sepak bola internasional sebagai respons atas tindakan perang negara itu di Ukraina. Meski begitu, bukan berarti fans mereka tak bisa menonton Piala Dunia 2022.

Dikutip dari AFP, Senin 28 November 2022, para penggemar sepak bola di sebuah bar di Moskow dengan kompak menyanyikan lagu kebangsaan Serbia. Mereka mengenakan pakaian merah, putih, dan biru yang seperti melambangkan bendera Rusia. Tapi kali ini, warna itu bukanlah untuk Rusia.

Absennya Rusia di Piala Dunia 2022 membuat penggemar sepak bola di negara itu mengalihkan dukungan kepada negara sekutu mereka, Serbia. Bagi sebagian warga Rusia, Serbia merupakan sekutu yang layak didukung.

Baca Juga: Setelah 3 kali gagal berumah tangga, Enji Baskoro dikabarkan sedang dekat dengan pengusaha sukses

"Kami mendukung mereka dan kami akan terus mendukung mereka (Serbia). Menurut saya, Serbia adalah saudara kami," kata Kiriil Gnevuchev, yang merupakan salah satu penggemar sepak bola di Rusia.

Gnevuchev datang ke bar bersama dengan teman-temannya. Mereka memberikan dukungan dengan antusias kepada tim Serbia. Sayangnya, tim berjuluk 'Orlovi' itu harus kalah 0-2 dari Brasil pada pembuka penyisihan grup G Piala Dunia 2022.

Menariknya, Serbia sendiri sebenarnya menjadi salah satu negara yang mengecam serangan Rusia ke Ukraina. Meski begitu, hubungan Beogard dan Moskow disinyalir tetap mesra.

Baca Juga: Belgia kalah dari Maroko di Piala Dunia 2022, komentar pesimistis dari Kevin de Bruyne jadi sorotan

Demam Piala Dunia 2022 memang sedang melanda dunia, termasuk Rusia. Masih di bar yang sama, beberapa pengunjung juga menonton pertandingan Piala Dunia 2022 sambil menikmati bir, bahkan taruhan menjadi permainan yang menyenangkan bagi penggemar bola di Rusia.

"Saya bertaruh menjagokan Brasil, tetapi saya mendukung Serbia. Jika Brasil menang, saya mendapat uang. Jika Serbia menang, saya akan senang!" kata salah satu pengunjung bernama Roman Marshak.

Menurut, situs berita olahraga Rusia bernama Championat, Serbia merupakan tim favorit yang didukung penggemar sepak bola di Rusia selama Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Astra luncurkan mobbi, platform digital jual beli hingga tukar tambah mobil bekas

Media dan pakar sepak bola di Rusia memberikan porsi khusus kepada Serbia. Mereka membahas kekuatan Serbia secara mendalam dan juga peluang negara itu di Piala Dunia 2022.

Komentator-komentator Piala Dunia 2022 asal Rusia, serempak membahas performa Dusan Vlahohiv dan Aleksandr Mitrovic.

Padahal, Rusia memiliki tradisi sepak bola yang cukup mumpuni di Eropa dan dunia. Sayangnya pada Piala Dunia 2022 ini, mereka harus menjadi penonton karena sanksi internasional terhadap Rusia yang juga merembet ke ranah sepak bola.

Baca Juga: Tanpa kamera jahat, ternyata segini tinggi Syahrini! Inces terlihat pendek ketika berdiri di samping artis ini

Tidak hanya penggemar sepak bola atau media saja yang terang-terangan menjagokan Serbia, akun sepak bola tim nasional Rusia yakni @teamrussia, memberikan dukungan kepada Serbia di Piala Dunia 2022.

"Semoga beruntung di Piala Dunia 2022. Kami percaya pada kesuksesan kalian, Saudara," tulis @teamrussia dalam pesan berbahasa Serbia.***

Editor: Dion Yudhantama

Tags

Terkini