Sah pindah federasi, Sandy Walsh sudah bisa bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

- Rabu, 30 November 2022 | 13:57 WIB
Sandy Walsh akhirnya resmi pindah federasi ke PSSI (PSSI)
Sandy Walsh akhirnya resmi pindah federasi ke PSSI (PSSI)

Hops.ID - FIFA secara resmi menerima perpindahan federasi Sandy Walsh ke PSSI. Administrasi pemain naturalisasi berdarah Belanda itu lebih cepat ketimbang Jordi Amat.

FIFA sudah mengirim surat kepada PSSI pada Selasa 29 November 2022. Surat itu bernomor Ref FPSD-8308 sudah ditandatangani oleh FIFA Head of Player's Status, Erika Montemor.

"Dengan ini Sandy Walsh sudah bisa memperkuat Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2022 mendatang. Pemain asal klub KV Mechelen ini sebelumnya berkewarganegaraan Belanda," tulis keterangan resmi PSSI.

Baca Juga: Bak benarkan Fadel Islami selingkuh, Muzdalifah curhat dan ungkap semuanya di Instagram Story miliknya

Sandy Walsh sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Ia juga sudah memiliki KTP sejak 17 November 2022 lalu dan sudah menjalani pengambilan sumpah di Kantor Kemenkumham.

Tapi sayangnya proses lancar Sandy Walsh pindah federasi, tak diikuti Jordi Amat. Untuk saat ini, perpindahan federasi Jordi Amat masih harus menunggu keputusan FIFA. Padahal Amat lebih dulu diurus perpindahannya oleh PSSI.

Bahkan Jordi Amat sebetulnya lebih berpeluang main di Piala AFF ketimbang Sandy Walsh. Amat bisa saja mendapat restu dari klubnya, Johor Darul Takzim (JDT) karena Malaysia kompetisinya sudah rampung.

Baca Juga: Dugaan kuat Syahrini main pelet, pernah lakukan ritual ini di kamar mandi mertua: Sambil nunggu air

Sandy Walsh berpeluang memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Dengan statusnya yang sudah WNI ini plus sudah pundah federasi, pemain klub Belgia KV Mechelen sah didaftarkan ke berbagai turnamen Internasional memperkuat Indonesia.

Terlebih Indonesia saat ini sedang memburu gelar pertama Piala AFF yang sejak 1996 belum pernah didapat. Adapun prestasi Indonesia hanyalah enam kali runner-up.

Pada edisi kali ini, Timnas Indonesia berada di Grup A bersama juara bertahan Thailand. Tak hanya itu, Marc Klok dan kawan-kawan juga harus berhadapan dengan Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.***

Editor: Dion Yudhantama

Tags

Terkini