Aktivis protes tuntut kompensasi pekerja migran di Piala Dunia 2022

- Kamis, 8 Desember 2022 | 14:09 WIB
Pemain Norwegia juga ikut protes pekerja migran di Piala Dunia 2022 (Twitter @rogbennett)
Pemain Norwegia juga ikut protes pekerja migran di Piala Dunia 2022 (Twitter @rogbennett)

Hops.ID - Piala Dunia 2022 diterjang protes oleh beberapa aktivis hak asasi manusia. Mereka menuntut Presiden FIFA, Gianni Infantino memberikan kompensasi kepada pekerja migran.

Para aktivis membawa poster dengan wajah Infantino. Mereka meneriakan hak pekerja migran yang belum dibayarkan. Kompensasi yang belum beres itu memunculkan dugaan pelanggaran hak asasi manusia di Qatar, selaku tuan rumah Piala Dunia 2022.

Dikutip Reuters pada 8 Desember 2022, beberapa poster aktivis pembela hak pekerja migran pada Piala Dunia 2022 memperlihatkan aspirasi kepada Infantino.

Kata-kata kecaman juga menjadi 'penghias' aspirasi pendapat dari aktivis seperi "Infantino: keluargamu adalah migran", "Ribuan orang seperti mereka adalah korban Piala Dunia", dan "Kompensasi mereka sekarang". Kata-kata tersebut menghiasi demonstrasi.

Baca Juga: Jelang laga Perempat Final Piala Dunia 2022, Adrien Rabiot beri kode ingin berkarier di Liga Inggris

Pekerja migran di Qatar memang mayoritas dari 2,9 juta penduduk. Belum terbanyarnya aspirasi menghadapi kecaman keras dari kelompok pejuang hak asasi manusia. Mereka melakukan perlawanan kepada FIFA atas perlakuan pekerja migran yang tidak adil.

FIFA tidak memberikan komentar langsung atas protes yang terjadi. Namun, merujuk pada komentar Infantino bulan lalu, Infantino memuji dana yang dikucurkan Qatar pada 2018 yang sudah membayar 350 juta dolar kepada pekerja. Pembayaran tersebut dikhususkan dalam kasus-kasus keterlambatakan upah.

Organisasi Buruh Internasional mempertanyakan jumlah pekerja migran yang tak mendapat kompensasi dan juga ada kabar pekerja yang meinggal dunia. Penyelenggara Piala Dunia Qatar merilis ada tiga kematian terkait pekerjaan dan 34 kematian tidak terkait pekerjaan di lokasi Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Seolah tepis tudingan selingkuh, Raffi Ahmad-Nagita Slavina kompak bareng Ayu Dewi-Regi Datau di Bali

Halaman:

Editor: Alfiyah Rizzy Afdiquni

Sumber: Reuters

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Arema FC mulai pertimbangkan untuk bubar

Senin, 30 Januari 2023 | 11:05 WIB