Unik

Stephen Hawking: Alien ada, dan mungkin akan menjajah manusia

Stephen Hawking, seorang ahli Fisika ternama di Amerika, tampaknya suka sekali membuat pernyataan kontroversial, salah satunya tentang eksistensi alien.

Pada 2010, Hawking secara mengejutkan menyampaikan kekhawatirannya terkait perjumpaan manusia dengan alien. Melalui serial dokumenter berjudul Into the Universe with Stephen Hawking, ia mengatakan bahwa peradaban alien telah lebih maju dari manusia. Oleh karena itu, pertemuan antara dua spesimen ini memungkinkan adanya “pertempuran”.

Baca juga: Pernah gak naik kelas, 5 artis ini buktikan bisa sukses saat dewasa

“Alien (dengan peradaban) yang telah maju seperti itu akan mengembara, mencari planet mana yang dapat ditaklukkan dan dapat dikolonisasi,” tutur Hawking. “Siapa yang tahu sampai mana batasannya?”

ilustrasi alien
ilustrasi alien Foto: The Tribune

Bayangkan perjumpaan suku Indian dengan Christoper Columbus–pelaut yang pertama kali menemukan benua Amerika. Columbus dengan pengetahuan yang lebih maju memiliki kuasa untuk menjajah suku Indian dan mengkolonisasi tanah Amerika sedemikian rupa. Padahal, orang Indian telah terlebih dahulu ada di sana.

Kisah Columbus inilah yang ditakutkan Hawking akan kembali terjadi jika manusia bertemu dengan alien. Kendati begitu, Pandangan Hawking tentang alien ini tidak ia bagikan kepada rekan sesama ilmuwan.

Saat ini, transmisi radio di Bumi diketahui memancar hingga ke luar angkasa. Oleh karena itu, hal ini diduga dapat memberikan “sinyal” bagi makhluk-makhluk misterius di luar sana.

“Kehidupan manapun yang memiliki kapabilitas untuk mengancam Bumi, kemungkinan besar sudah mempersiapkan peralatan khusus untuk menjemput kebocoran sinyal yang kita kirim ke luar angkasa sejak tujuh dekade lalu,” ujar Seth Shostak, ahli astronomi dari SETI Institute.

Kendati begitu, Hawking mengaku bahwa menjumpai alien akan menjadi penemuan paling besar dalam sejarah manusia.

ilustrasi alien
ilustrasi alien Foto: The Financial Express

Demi menyelamatkan kehidupan di Bumi, Hawking mendukung sebuah proyek khusus bertajuk The Breakthrough Starshot, yang memakan biaya hingga US$1OO juta. Proyek tersebut berinisiatif untuk mengirimkan pesawat antariksa ke Alpha Centauri yang berjarak 25 triliun mil dari Bumi.

Nantinya, pesawat antariksa tersebut akan mengirim pesan damai kepada alien dan kehidupan ekstraterestrial lainnya di luar angkasa. Dengan begitu, ketakutan Hawking tentang penjajahan alien diharapkan tidak akan terjadi.

Selain alien, Hawking juga mengungkapkan kekhawatirannya terkait perkembangan Artificial Intelligence (AI) yang semakin pesat. Menurut Hawking, bukan tidak mungkin jika AI juga akan mengancam eksistensi manusia. (CTH)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close