Trending

Lepas baju nyanyi, Sudi Silalahi luluhkan mahasiswa 98 auto tinggalkan Gedung MPR

Mantan menteri andalan SBY, Sudi Silalahi meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto, Senin malam 25 Oktober 2021. Kenangan Sudi Silalahi saat reformasi ini terasa membekas dalam ingatan mantan Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin lho. Sudi Silalahi mulus menaklukkan dan meluluhkan mahasiswa 98 yang menduduki Gedung MPR/DPR pada 1998.

Dengan pendekatan persuasif Sudi Silalahi itu, akhirnya mahasiswa pun kemudian pulang dan gedung parlemen jadi bersih dari mahasiswa.

Muslima Fest

Sudi luluhkan mahasiswa 98

Sjafrie dalam sebuah acara bedah buku biograsi Sudi Silalahi Jenderal Batak dari Tanah Jawa, ngaku terkesan dengan langkah Sudi menaklukkan mahasiswa itu.

Mahasiswa dalam gerakan reformasi 1998
Mahasiswa dalam gerakan reformasi 1998. Foto Instagraam @rumah_cemara

Saat itu Sjafrie yang menjabat Pangdam Jaya berpikir bagaimana caranya mengosongkan Gedung MPR dari pendudukan mahasiswa. Bagaimana caranya supaya tidak menimbulkan ketegangan ribuan mahasiswa.

Nah kemudian Sudi Silalahi yang kala itu jenderal bintang satu, Brigjen TNI dan menjabat Kepala Staf Kodam Jaya, diperintahkan untuk turun gunung membujuk mahasiswa meninggalkan gedung parlemen.

Sjafrie mengatakan Sudi secara persuasif membujuk mahasiswa untuk pulang ke rumah masing-masing, tuntutan mereka sudah terpenuhi, Presiden Soeharto sudah mengundurkan diri.

Nah momen Sudi membujuk mahasiswa meninggalkan Gedung MPR/DPR itu sangatlah membekas. Bagaimana tidak demi meluluhkan mahasiswa, Sudi melepas pakaian dinasnya dan mengenakan baju biasa lho.

Hal ini punya tujuan, supaya Sudi itu secara psikologis tak berjarak dengan para mahasiswa.

Dengan pendekatan itu, Sudi pun jadi akrab dengan mahasiswa dan akhirnya bisa membujuk mahasiswa keluar dari Gedung MPR/DPR.

Kemudian Sjafrie menceritakan bukan itu saja, Sudi sampai mengawal mahasiwa keluar dari Gedung MPR lho.

“Sudi sambil nyanyi-nyanyi masuk ke dalam bus yang mengantar mahasiswa pulang ke kampus masing-masing,” kata Sjafrie dikutip Antara.

Sudi Silalahi meninggal dunia

Mantan Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi meninggal dunia. Bekas Menteri SBY itu meninggak dunia semalam di RSPAD Gatot Subroto pada Senin malam 25 Oktober 2021.

Sudi Silalahi
Sudi Silalahi. Foto Instagram @annisakhairinayuniarti

Kabar meninggalnya Sudi Silalahi ini disampaikan oleh Dipo Alam, mantan Menteri Sekretaris Kabinet Presiden SBY.

“Innalillahi Wainna illaihi roji’un, kami sekeluarga turut berduka cita dan belasungkawa sedalam2nya atas berpulangnya Bapak Letjen TNI (Purn) Sudi Silalahi jam 23.50 di RSPAD,” tulis Dipo Alam, Selasa 26 Oktober 2021.

Dipo mendoakan semoga almarhumah mendapatkan tempat tebaik di sisi Allah SWT.

“Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala mengampuni segala kesalahan/kekhilafan. Saya bersaksi bahwa pak Sudi adalah orang yang baik, ramah, penuh perhatian dan persahabatan. Kiranya Allah SWT akan memberi tempat terbaik disisiNya bagi pak Sudi,” kata dia.

Jenderal purnawirawan bintang tiga itu adalah Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia dari 22 Oktober 2009 sampai 20 Oktober 2014. Sebelumnya ia menjabat sebagai Sekretaris Kabinet. Sudi lulus dari Akabri pada tahun 1972 dan mengakhiri karier militernya dengan pangkat Letnan Jenderal. Ia adalah sekretaris Susilo Bambang Yudhoyono saat Yudhoyono sedang menjabat sebagai Menko Polkam di bawah pemerintahan Megawati Soekarnoputri.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close