Trending

Sukmawati pindah agama, apa pandangan Ustaz Abdul Somad soal murtad?

Beberapa hari terakhir, publik ramai membicarakan kepindahan agama Sukmawati Soekarnoputri dari Islam menuju Hindu, lantas, pertanyaannya, bagaimana hukum wanita muslim yang murtad menurut pandangan Islam?

Diketahui, Sukmawati resmi memeluk Hindu usai menjalani ritual Sudhi Wadani di Singaraja, Bali, Selasa 26 Oktober 2021 kemarin. Dia mengatakan, keputusannya pindah agama sudah dipikirkan sejak lama, bahkan mulai puluhan tahun lalu.

Muslima Fest

“Saya kira, kalau pindah agama itu kan pilihan masing-masing dengan satu proses. Ibu kan cukup panjang 66 tahun,” ujar Sukmawati, dikutip Rabu 27 Oktober 2021.

Sukmawati Soekarnoputri. Foto: Instagram
Sukmawati Soekarnoputri. Foto: Instagram

Kabarnya, sebelum benar-benar memeluk Hindu, dia sering berkunjung ke pura, mempelajari kitab sucinya, dan bertemu tokoh agama terkait. Hal itu yang kemudian membuatnya yakin untuk berpaling ke ajaran tersebut.

Ramai Sukmawati, apa hukum murtad dalam Islam?

Beberapa waktu lalu, sebelum ramai kabar kepindahan Sukmawati ke Hindu, Ustaz Abdul Somad (UAS) pernah menjawab pertanyaan mengenai hukum muslimah murtad. Kala itu, ada salah satu jamaahnya yang bertanya demikian.

UAS memastikan, murtad merupakan perbuatan yang sangat dibenci Tuhan. Bahkan, kata dia, para ulama mengutuk perbuatan tersebut.

“Dalam Islam ini, ulama kalau menyebut murtad sudah nauzubilah, nauzubilah, nauzubilah. (Mudah-mudahan) diselamatkan Allah di generasi cucu-cicit di hari kiamat, jangan sampai murtad. Luar biasa sekarang gerakan murtad ini,” ungkap UAS, dikutip Hops dari kanal Youtube Buya Lovers.

UAS saat sedang menyanyikan lagu Panggung Sandiwara milik Nicky Astria. Foto: YouTube Nafas Pembaharuan
UAS saat sedang menyanyikan lagu Panggung Sandiwara milik Nicky Astria. Foto: YouTube Nafas Pembaharuan

Menurutnya, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya, yakni murtad atau berpaling dari Islam. Adapun ada pendapat yang menyebut hukuman pancung dan sebagainya.

Lebih jauh, UAS menambahkan, di Malaysia, ada orang yang ditangkap karena memutuskan murtad. Dia berharap, hal yang sama juga diterapkan di Indonesia.

“Di Malaysia, kalau ada orang murtad, ditangkap. Misalnya dia ngaku di hadapan orang banyak, ditangkap. Makanya kita juga berharap dikeluarkan undang-undang yang sama.”

“Bisa enggak keluar undang-undang orang murtad ditangkap, bisa. Melalui apa? Undang-undang, yang buat undang-undang siapa? DPR! Yang milih DPR siapa? Kita! Maka pengajian-pengajian harus ramai, supaya nanti ramai yang memilih anggota dewan jujur dan amanah,” kata UAS.

Topik

137 Komentar

  1. Yang poligami menelantarkan Anak istri dipping aja penisnya brani ga lo somad?

  2. Kita ini negara pancasila, tidak hanya islam tapi ada agama lain yg harus kita hormati. Untuk kepercayaan urusan masing2 orang dgn Tuhannya jadi sebaiknya jgn ikut campur.

  3. Apakah pak abdul somad bisa menjawab apa agama adam dan hawa? Dan jawaban Anda harus ada bukti yang menunjang misal KTP…….. Membunuh itu perbuatan dosa dan di benci Allah kok situ seenaknya mendukung membunuh sesama manusia, agama itu hak pribadi orang, anda tidak punya hak mengatur pribadi orang mau pindah agama itu urusan yg bersangkutan dengan Tuhannya. Ucapan anda itu sudah menghasut orang supaya membunuh orang lain

  4. Gobloknya media seperti ini punya itikad buruk utk mengadudomba pembaca/netizen… Jelas UAS menyampaikan hal tersebut tdk ada hubungan dgn konteks si Bu Suk pindah agama… Pasti mikir… Bodo amat apalagi.sampai mikir menumpahkan darah nenek2 bau tanah… Dibiarin aja juga game sendiri..m

  5. Media jgn suka ngadu domba, jd pembaca jg hrs tetap kroscek kebenarannya, jangan mau disuguhin berita kacangan spt ini.. Sgaja memecah belah, hati2 jangan ditelan mentah2

  6. Smua itu adalah urusan masing2..dosa apa gk bukan manusia yg menentukan..amal.dan ibadah kita diterima atau gk hanya Tuhan yg tahu…jadi lebih baik kita saling menghargai sesama ..mohon bila tdk sependapt..

  7. Pologami lebih terhormat drpd selingkuh, ngetu tetangganya, ngentu anak tirinya, bawa lari istri orang

  8. Kalau ada dalilnya Al Qur’an atau Sunnah Rasul pernah melakukan pada jamannya baru percaya. kalau hanya karena kesal maka itu gak mempunyai arti apa2.

  9. yg komen kbnyakn g nyambung,baca yg bener dan simak dg baik lalu cerna.jls² uas membahas bagi seseorang yg murtad dlm hukum dan pandangan islam,ini komennya kemana²

  10. Mulutmu juga halal buat ditumpahkan mad
    Agama setan kamu itu, untung agamamu saja coba kalo semua agama halal, kafir gak ada indonesia.

  11. urusan agama adalah pribadi orang dgn Tuhannya.. main penggal aja mengerikan sekali ajarannya..

  12. Poligami koq bangga mad, itu hanya nafsu birahi dibungkus agama..sesungguhnya gak ada perempuan yg mau diduakan

  13. Ngeri nya Agama yg memperboleh kan membunuh org lain pake istilah Halal Darah nya lah..
    Maka nya itu Teroris hanya dari satu Agama itu karna mengajar kan membunuh dengan Dalil Darah Halal..
    Agama Teroris yg sdh membunub byk orang..Ngeriiii

    Harus kalian ketahui kalo mencabut nyawa manusia itu hanya Hak nya Tuhan Yang Maha Kuasa bukan Hak nya orang yg sok suci melebihi Tuhan..

    Dan jg kalian hrs tau Hak memeluk Agama itu bebas tidak bisa di Atur2 atau di larang2,,kok minta Undang2 utk menangkap yg Murtad tapi klo yg mualaf bebas gitu ya…haaaaa Agama yg Egois..paraahhhh

  14. Ngeri nya Agama yg memperboleh kan membunuh org lain pake istilah Halal Darah nya lah..
    Maka nya itu Teroris hanya dari satu Agama itu karna mengajar kan membunuh dengan Dalil Darah Halal..
    Agama Teroris yg sdh membunub byk orang..Parah

    Harus kalian ketahui kalo mencabut nyawa manusia itu hanya Hak nya Tuhan Yang Maha Kuasa bukan Hak nya orang yg sok suci melebihi Tuhan..

    Dan jg kalian hrs tau Hak memeluk Agama itu bebas tidak bisa di Atur2 atau di larang2,,kok minta Undang2 utk menangkap yg Murtad tapi klo yg mualaf bebas gitu ya…haaaaa Agama yg Egois..paraahhhh dan ngerii

  15. Hukum allah lebih dasyat dari penggal yg komen bnyak tdk ngerti hukum muslim jdi sabar aja nnti juga akan rasa d hari pembalasan naujubillah himinjalik sabar saja

  16. Andalah yg sesungguhnya menistakan agama Islam Mad !!! Darah Andalah yg sebenarnya harus ditumpahkan duluan !!! Jangan salah kaprah anda memaknai MURTAD dan KAFIR !!! Andalah Mad orang KAFIR dan MURTAD itu, yaitu beragama Islam tetapi tidak ISLAM.

  17. Mohon yang komen saringlah konten di atas dengan benar…dan jangan asal komen,,jangan mudah terprovokasi oleh media…Indonesia itu rukun antar sesama agama dan itulah wajah Indonesia.

  18. Ini orang kalau omong ngak dipikir dulu. Senang nya dan suka bikin provokasi orang.
    Memang betul org” tua dulu bilang, kalau bentuk congor nya maju dan lebih, pasti omongannya juga akan banyak dan berlebihan jg.

    Emang nenek moyang mu beragama apa dulu nya…?

  19. Yang komen diatas kok ga nyambung ya, malah ngata ngatain orang. Uruslah dirimu sendiri apakah sudah lebih baik

  20. Ini yg komen negatif tu hanya lulusan SD doang literasi nya rendah, ingat yg dibicarakan ttg hukum dalam agama Islam. Ini komen pada ngawur gak nentu, klw poligami itu lebih terhormat daripada zina dan dlm bps bahwa jumlah wanita itu 5:1, lu yg monogami iri bilang bos atau jangan2 jomblo

  21. Yg bilang agama islam egois itu orang goblok,tiap agama ada hukumnya masing2,,bego,lu malah nyalahin islam,,makannya simak yg bner

  22. Sok tau kau, memang nya kau lulusan apa sih
    Sampai melecehkan org yg KOMENT lulusan sd🤔🤔

  23. Inilah yg diharapkan penulis.agar pembacanya saling caci maki.berita2 spt ini terus digulirkan untuk menghancurkan bangsa ini….orang2 cerdas tak akan terpancing dg berita2 spt ini.ada bbrp wartawan yg isi beritanya selalu negatif dan profokatif

  24. Byuuuuhhh sadis amat hukumnya versi Somad…

    Aneh aja logikanya….kl murtad dari Islam, versi Somad kudu dipancung…lah kl murtad dr agama lain masuk Islam dibilang hidayah….🤭🤭

  25. jadilah pembaca yg cermat, dan jadilah komentator yg cerdas & bijak…jgn hanya krn membenci atau tdk suka dgn seseorang lalu berkomentar diluar konteks…seblm berkomentar cobalah baca dgn seksama dr awal sampai akhir, bila perlu diulangi beberapa kali agar mendapat pemahaman ttg isi berita/konten yg di sampaikan….karena ucapan atau tulisan yg keluar dr diri anda adalah mencerminkan kepribadian anda…

  26. Ini yang provokatif saya rasa medianya, Yadi dari peristiwa² di kliping, di sambung² kan sehingga menjadi satu kesatuan berita.. l

  27. Saya rasa penulisnya ini yang menghalalkan, bukan UAS yang berkata, netizen jangan terhasut, kalau mau membenci penulisnya saja kau kejar……

  28. Sebenarnya ada lagi yg di benci oleh Allah, ya itu
    Percerain…apa lg cerai berkali2

  29. Contoh penulis dan media yg kurang bertanggung jawab, jangan ditiru dan tidak perlu terprofokasi.

  30. Yg berhak memberi kehidupan dan memutus kehidupan adalah Allah..Dialah Sang Pemilik…bukan manusia..Klo manusia menghabisi nyawa..itu merampas Hak Prerogatif Allah…kok berani amat melawan Allah ya..manusia yg fana ini..

  31. Mantap nih si nguztad, karena dgn omongan nguztad akan semakin banyak orang murtad, mereka akan tahu bahwa ajarannya kok diperbolehkan membunuh ciptaan Tuhan….ayo tad terus bicara yg keras supaya banyak yg akan murtad

  32. Si mrongos berasa jadi Tuhan,masak keluar Islam dibunuh, agama kadrun itu mad jangan bawa bawa Islam…tuhanmu goblok itu mad

  33. Agama koq sadis dan bar bar yaa.. apa iya Tuhan ngajarin bunuh sesama.. SADIS & BEJAT… !!!

  34. Penulis di media berita ini nih yang ngawur dan kejar saja penulisnya, adu domba ustadz dan netizen….. Kalau adu domba terus maka di kehidupan kuburmu akan di adu dengan makhluk makhluk sangar dan seram…. Ingat bagi yang masih hidup kita sudah melalui dua alam, 1 alam kandungan, 2 alam dunia, 3 alam kubur ( next ) pasti cepat atau lambat

  35. Yg dikatakan UAS benar..krna ada d hukum2 Islam..klo yg non muslim cerdas,.itu untuk kebaikan 2 si pelanggar2 tsb..si murtad tdk akan disiksa lagi,.d AKHERAT kelak..klo saat d dunia tdk melaksanakan hukum Islam nya,..d AKHERAT kelak akan disiksa selama2 nya..1x disiksa,.amat2 sangat2 mengerikannya..amat2 sangat2 menderitanya..jngn munafik deh..yg ngga poligami,..pda ngapain aja..!?pda kemana aja..!?pda berbuat apa aja..!?makanya hukum Islam membolehkan poligami..agar semua tsb jngn sampai terjadi.

  36. Ngomong agama dan politik..tidak akan ada habis2nya…..yg penting urusan kita dg YME…..

  37. Lebih baik murtad daripada jihad,jihad itu membunuh manusia apakah itu di banggakan dengan Tuhan,justru itu membuat 7 keturunan anda akan sesara selama nya.berikan setiap manusia memilih kepercayaan nya masing masing.

  38. kalau ajarannya seperti ungkapan somad yg cenderung menggambarkan kekejaman dan kekejian pasti akan semakin banyak umat yg beralih…. idumia ini orang butuh ketenangan dan ketentraman.

  39. Si Somad mau gak kau jadi eksekutor pancung nya ? Klo gak mau, gak berani…jangan banyak cakap kau….

  40. Contoh dari Somad gak nyambung. katamya darah wanita murtad halal ditumpahkan (dipancung), dia mencontohkan di Malaysia murtad itu ditangkap. Coba pikir, emang kalo ditangkap itu sama dengan dipancung?

  41. Media propokatif , berita kok di hubung hubung kan dalam konteks yang berbeda. berita bodoh

  42. Agama si UAS koq begitu yaa.. SADIS dan BEJAT.. koq Tuhan perintahkan membunuh sesama.. ini ajaran pasti SESAT.. pindah agama itu hak asasi setiap manusia.. hancur negara ini kalo undang2 syariah atau khilafah berlaku pasti HANCUR NKRI.. agama spt ini hanya membawa manusia pd kehancuran.. ini agama SESAT..

  43. Orang ini senang sekali dg pembunuhan, darah. Pikiran dan hatinya sungguh jahat, jelek sejelek wajahnya.

  44. Orang ini seneng sekali dengan pembunuhan dan darah tumpah, sadisisme.
    Pikiran dan hatinya jahat, jelek sejelek wajahnya.
    Indonesia nggak boleh niru malaysia, Indonesia lebih cerdas, lebih waras.

  45. Pantasan di Indonesia banyak terorisme, ustadnya az begitu…masa cuma beda keyakinan darahnya bisa halal kalau di bunuh

  46. Kalau non-muslim yg mengeluarkan pernyataan seperti yg dilontarkan UAS pasti sudah didemo, tapi mau bagaimana lagi beginilah hidup berbangsa dan bernegara di Indonesia, ada hukum rimba

  47. DASAR ORANG MUNAFIK SOMAD KLO BERANI JANGAN HOAK AJA BISANYA KOMPORIN ORANG DAN NGADI DOMBA AJQ…KLO MEMMANG HALAL DARAHNYA COBA ELO BACOK ATAU POTONG IBU MAHARANI BRANI TIDAK…JANGAN NGECAP AJA ITU CONGORAN KAYA COMBERAN …

  48. Ko yang komen orang non muslim semua ya… pantesan aja jadi ngawur, itu maknanya sangat mendalam, silahkan masuk islam kalau mau lebih tahu apa maknanya… jangan sembarang menghina agama Islam. Sudah tahu urusan agama masing2 ko malah ngirusin agama islam… ayo berfikir yang dewasa donk, jangan berfikirny kayak anak baru lahir.

  49. Setelah saya perhatikan komen2 diatas kalau dia muslim ternyata banyak yang belum paham tentang hukum Islam. Tapi kalau yang kafir saya maklum karena memang mereka belum pernah mempelajarinya.

    Semua yang disampaikan oleh UAS ada dalilnya

  50. Umumnya yg komen menjelekkan Islam, padahal mereka sadar dan sering mengambil keuntungan dari Islam.

  51. Yg baca berita ni gk mikir pasti udah menyala.. maki² sagela rupo..

    Orang pernyataan UAS jauh sebelum nenek ini murtad kok.. lagian yg nulis berita juga kek mau provokator yaa..

  52. Berita adu domba gini kog bisa lolos yak… dan mirisnya laku keras… setiap kita punya hak mengajak kepada kebaikan/kebenaran versi kita namun setiap orang berhak menentukan jalannya,

  53. yg non muslim msk islam gk masalah ,yg muslim menjd non muslim murtad dan darahnya pantas di tumpahkan..sadis banget

  54. yg non muslim msk islam gk masalah ,yg muslim menjd non muslim murtad dan darahnya pantas di tumpahkan..sadis banget

  55. yg non muslim msk islam gk masalah ,yg muslim menjd non muslim murtad dan darahnya pantas di tumpahkan..sadis banget

  56. Kan pak ustad hanya menyampaikan apa adanya menurut hukum Islam .dan mungkin ini hanya penggalan nya saja (di potong potong). Memang benar orang murtad halal darah nya(di bunuh) tapi jangan salah murtadnya yang gimana dulu.kli yang murtad biasa gak mengancam biasa aja tapi klo yang udah mengancam atau menjelekan Islam itu baru halal di bunuh

  57. Biarin saja kan yg ngomong bukan Tuhan wkkkkk Tuhan juga bilang ke saya kalo somad pasti masuk neraka wkkkkkk kenapa masalah ,

  58. Provokator indonesia, tangkap somad adili dia, bacotnya bikin rusuh negara. Memang dia yg membawa kunci sorgA? Dasar manusia tidak ada otak tidak ada kasih tidak ada perikemanusiaan. Dari dulu Tuhan memberikan kebebasan kepada manusia utk memilih, semua pilihan itu tanggung jawab masing masing kpd yg kuasa. Bukan kpd somad, somad pun akan bertanggung jawab kpd yg kuasa thd mulut comberanya dan bau busuknya. Mungkin justru somad lah yg jadi intipe neraka kr kejahatanya

  59. Hei….media. UAS tidak memgomentari murtadnya Bu Sukma. UAS menjawab dalam hukum ISLAM. Negara kita tidak berdasar hukum Islam. UAS tidak mengatakan darah Ibu Sukma halal. Media ini telah memprovokasi pembaca yang bodoh, seakan akan UAS menbolehkan membunuh Bu Sukma.

  60. Saya tinggal di bali mrasa tersinggung dgn ucapan UAS, apakah pantas ulama berkata sperti itu seolah”agamanya sendiri paling benar,
    Bkn memPersatukan Bangsa malah memecah belah bangsa kita. Pantas saja anda ditolak untuk ceramah di bali, UAS.

  61. Sebaiknya somad hidup di afganisthan taliban… Krn tdk layak hidup di negara RI … dgn ajaran setan..

  62. Berarti ini ajaran agama yg ga bener.. Mengerikan. Tuhan mana yg mengajarkan demikian…
    Itukan menurut islam.. Kalo org sdh murtad berarti sdh bukan islam.. Dan tdk terikat islam..
    Di islam dimusuhi, di agama lain diterima.. Trus gmana, Allahnya kan sama…

  63. Ustad provokotao, semoga Ustad Somad segera bertobat dan berlutut di kaki Tuhan Yesus

  64. Somad taik kucing, ngaku sebagai ustad anak bini lo telantarkan, hanya mengejar napsu syahwat, Bacot saja lo besar, kelakuan jebid

  65. Bisa dipastikan manusia manusia Indonesia adalah manusia akhir zaman… Ciri cirinya “Apabila di dakwai malah ngeyel, kebatilan malah dibelah mati matian…” Naudzubillah…

  66. Sudah jelas uud45…kebebasan beragama di pasal 29….kenapa ustad satu ini punya niat jelek sejelek wajah nya….melawan uud45…dgn Misi buat undang undang baru…dgn komentarnya diatas tentang perempuan murtad…..apakah manusia setan ini jadi panutan…

  67. Penggal kepala, halal darahnya….hanya kelakuan setan dan iblislah yg ciptakan hukum ini seolah olah dari Tuhan…..tetapi Tuhan yang benar adalah Tuhan yg suci, Kudus, tidak pernah mengajarkan umat nya hal hal seperti itu… Artinya nya si Somad adalah titisan iblis

  68. Yg komen mnjelek2kan beliau (ustadz Abdul Somad) mw ny AP smua yg d katakan adlah benar ad bukti ny d kitab suci Al-Qur’an, jgn diskriminasi beliau klu tidak suka GK usah hidup d Indonesia pindah aj k negara mayoritas non muslim sana..

  69. Ini framing yg sangat berbahaya…konteks yg disampaikan ustad somad pasti beda…semoga yg menulis bertobat..

  70. Kalau halal darah orang murtad di tumpahkan, menurut mu UAS. Bunuhlah salah satu dari orang murtad itu.. aku mau lihat.. apa cuma bacot kau aja.. yg besar..

  71. Kalian semua yg membenarkan UAS.. silahkan bunuh orang murtad.. jangan bacot di gedein… Kalau ngk mau bunuh orang murtad, ngk usah belah pernyataan UAS .. yg jelas salah.

  72. Bagaimana hukum murtad dalam Islam. Baca saja di gogle untuk nambah ilmu dari pada koment yang tidak karuan, kalau kalian muslim.

  73. Kenapa br skrg pd ribut stlah Sukmawati msk hindu. Padahal sdh banyak orang di negeri ini yg lebih dulu murtad, termasuk banyak sekali PR artis yg murtad. akan tetapi g heboh sprti skrg. Apa krn dia adiknya megawati?

  74. Dahlah, kita bersaudara ja, ngopi ja. Terkadang musuh kita anggap sekarang, bisa penyelemat dimasa mendatang.

  75. Berita begini nih yang pinter mengadu domba ya… astagfirullah,
    Sebegitunya ya cara mencari rezekinya 😁

  76. Tunjukin satu orang yg pernah liat tuhan dalam agama islam? Kalau ga pernah ga usah bikin aturan semau jidat lu, kt ber iman sm yg ga pernah kt liat, urusan salah atau benar ada tanggung jawab masing2,neraka atau surga bukan ustad atau kiai yg atur! Makin di liat makin bego aja ajarannya

  77. kalau boleh menghalalkan darah org ,,menjadi penyebab anda memilih beragama itu,, betapa mengerikannya agama km,, jadi itukah gunanya org beragama?

  78. Ternyata ajaran UAS sangat biadab dan primitif. Ajaran yg tidak modern. Laknat dan sesat.

  79. Manusia berbahaya,mengajarkan membunuh,usir aja dari Indonesia,sana lo tinggal di negara yg pakai UU murtad, kita adalah PANCASILA,paham lo ustazd dungu?!!

  80. Sukmawati tdk termasuk penistaan agama , ini menyangkut keyakinan peribadi , tdk merugikan orang lain .

  81. Sukmawati tdk termasuk penistaan agama , ini menyangkut keyakinan peribadi , tdk merugikan orang lain .

  82. Tunggu saja nanti di akherat Allah akan mengadili se adil2 nya tanpa sedikitpun yg terzalimi. Manusia aka dihukum sesuai dengan apa yg diperbuat. Kalo sekarang pasti akan tdk percaya karena bkm mati. Nanti kalo sdh mati akan menyesal..karena dosa2 yg pernah diperbuat.

  83. Negara kita ini multi etnis dan multi agama, gak bisa kita paksakan kehendak seperti yg diinginkan UAS. Karena itu adalah salah satu hal yg bisa menyebabkan perpecahan dan konflik di masyarakat. Semua agama sdh diakui di Indonesia ini, urusan syurga dan neraka biarlah itu menjadi tanggung jawab pribadi masing” terhadap sang khalik.

  84. Kata mas dewa putu (mualaf mantan gitaris). Dalam agama Hindu ada kitab yg menerangkan tentang Kalki awatara yang selalu disanjung dan dipuja oleh umat hindu. Ternyata Kalki awatara ialah nabi Muhammad. Yang mempunya ibu bernama Siti Aminah (yang lemah lembut) dan ayahnya bernama Abdullah (kekasih Allah). Mohon Bu Sukma dibaca lagi Alquran sebagai pedoman hidup.

  85. kita butuh ustad yg berani mengatakan yang benar sesuai ajaran agama nya kita, soal ada yg tidak senang atau tidak sependapat itu akan selalu ada, jangan kan dari agama yg lain dalam islam sendiri kadang ada, jadi kita tidak perlu dengarkan, otak atau pikiran kita harus mengikuti kata alquran dan hadis serta ijma ulama, bukan sebaliknya…alkquran ,hadis dan ijma yg mengiikuti pikiran kita…

  86. Semoga ustadz Abdul Somad diberikan kekuatan dan kemampuan untuk menegakkan ajaran Islam di Indonesia, menuju Indonesia yg makmur dan sejahtera.. aamiin…

  87. Sesama komentar saling hujat, anda senang kalau bangsa kita tidak akur, jangan memberi berita masalah AGAMA sangat sensitip di Idonesia

  88. Busuk sebelum murtad sdh menghina islam dgn puisi nya tusuk konde…orang yg membela busuk pasti kaum celeng…berita jadi nyudutin uas…ini berita dari celeng juga.

  89. Waduh…ini ustadz kok dangkal banget ya pemahaman ajaran budi pekertinya. Saya islam tapi sangat mengecam saling bunuh antar sesama. Membunuh binatang saja kita dilarang lho.

  90. Wah bahaya ini penulisnya… Ini betul betul mengadu domba… Ini penulisnya halal darah nya karena membuat tulisan yg menyesatkan… Konteks yg diucapkan oleh UAS saat itu dipelintir dgn murtad nya Sukmawati…muslim tidak repot dgn murtad nya Sukmawati , tapi beda dgn konteks yg diucapkan oleh UAS dan jelas sekali tulisan penulis ini yg sengaja mengadu domba … Harus dikejar penulisnya ini ,

  91. Ustad abdul somad , kamu itu mengerti agama ngak sih, apa itu agama, agama itu penuntun kita untuk berfikir, berkata dan berbuat yang benar, bukan kayak looo yang selalu berfikir, berkata dan berbuat yg ngak benar, katat-katamu kasar, pikiranmu picik

  92. Fitnah akhir, jaman, penulis asal comot artikel asal comot potong sana sini, saya yakin
    Ustadz menyatakan itu pasti ada konteksnya, narasinya, dasar penulis biadab, framing tuk menggiring fitnah, semoga kamu diazab Allah, amin, menderita kalian fitnah Ulama

  93. Hati2 guys ini berita gajelas info dan sumbernya, hanya akan memecah belah umat, fitnah thd ulama. Ingat azab min admin.

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close