Fit

Benarkah sumbat hidung pakai bawang putih bisa keluarkan lendir di paru-paru?

Baru-baru ini pengobatan alternatif dengan menggunakan bawang putih (baput) kerap digemari. Apalagi banyak pesan singkat melalui media sosial kerap beredar viral.

Salah satu yang ramai dibicarakan adalah menyumbat kubang hidung dengan baput disebut bisa mengeluarkan lendir paru-paru, benarkah?

Narasi beredar di media sosial

Sebuah narasi tentang khasiat baput beredar sebagai pesan berantai di aplikasi berbagi pesan WhatsApp.

Narasi itu menyatakan menutup hidung dengan baput akan memberikan manfaat, yakni mengeluarkan lendir dari paru-paru.

Pesan berantai itu juga menjelaskan cara menggunakan baput agar efektif dalam mengeluarkan lendir, dengan memasukkan satu siung baput ke masing-masing lubang hidung.

“* Selepas 15-20 minit, angkat bawang putih.*Kemudian, banyak lendir di paru-paru akan keluar dari hidung..* Tolong sampaikan berita in kepada rekan sekerja dan keluarga agar mereka yang sakit/belum dijangkiti covid 19 selamat…*,” demikian potongan narasi yang dirilis dalam pesan berantai itu.

Pesan berantai Hoax foto: Antara
Pesan berantai Hoax foto: Antara

Namun, benarkah menutup hidung dengan baput dapat mengeluarkan lendir dari paru-paru?

Dilansir laman Antara pada Minggu 26 September 2021 Praktisi kesehatan dari Rumah Sakit Jatisampurna dokter Alghufron membantah narasi tentang baput tersebut.

Laman JalaHoaks, juga menyebbut hal itu sebagai informasi yang salah. Menurut Alghufron, baput yang diletakkan ke dalam hidung adalah cara keliru dan justru dapat menimbulkan iritasi.

Peletakkan bawang putih di hidung justru akan merangsang organ pernapasan untuk memproduksi cairan lebih banyak lagi.

Artinya, lendir yang keluar dari hidung bukanlah cairan dari paru-paru, melainkan bentuk mekanisme pertahanan tubuh.

“Justru karena tubuh kita lagi merasa, wah, bahaya nih ini. Ada yang menyumbat saluran pernafasan kita nih. Ini ada sesuatu yang sifatnya iritatif nih, bisa bikin iritasi nih. Makanya sebagai mekanisme pertahanan tubuh, akhirnya terproduksilah itu tadi lendir-lendir, ingus gitu,” kata Alghufron.

Tidak hanya berbahaya bagi orang sehat, pemasangan bawang putih itu juga bisa mengancam kesehatan pasien COVID-19.

Penderita COVID-19 berisiko pingsan kekurangan oksigen karena lubang hidungnya tertutup bawang putih dalam waktu yang lama.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close