Unik

Surat Al Falaq: Lengkap bacaan, manfaat, keutamaan hingga artinya

Sama seperti surat yang lain dalam Al Quran, Al Falaq juga memiliki manfaat yang istimewa sama seperti surat lain dalam Al Quran. Berikut manfaat, isi surat, keutamaan, cara baca dan terjemahan Surat Al Falaq. Yuk simak artikel berikut!

Surat Al Falaq, surat ke 113

Al Falaq terdiri dari lima ayat yang berarti waktu Shubuh. Surat ini merupakan surat ke 113 dalam Al Quran. Surat dari juz 30 ini tergolong dalam surat Makiyyah karena diturunkan di kota Mekkah. Dilansir dari quran.kemenag.go.id, berikut bacaan lengkap dengan cara baca dan artinya.

Al Quran
Al Quran. Photo: Pixabay

قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِۙ – ١
qul a’uzu birabbil-falaq
Artinya: Katakanlah, “Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh (fajar),

مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَۙ – ٢
min syarri ma khalaq
Artinya: dari kejahatan (makhluk yang) Dia ciptakan,

وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ اِذَا وَقَبَۙ – ٣
wa min syarri gasiqin iza waqab
Artinya: dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita,

وَمِنْ شَرِّ النَّفّٰثٰتِ فِى الْعُقَدِۙ – ٤
wa min syarrin-naffasati fil-‘uqad
Artinya: dan dari kejahatan (perempuan-perempuan) penyihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya),

وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ اِذَا حَسَدَ ࣖ – ٥
wa min syarri asidin iza asad
Artinya: dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki,”

Manfaat Surat Al Falaq

Sama seperti surat dalam Al Quran yang lainnya, Surat Al Falaq juga memiliki manfaat yang luar biasa. Bersama dengan Surat An Nas, surat ini disebut sebagai al Mu’awwidzatain yang memiliki makna dua surat yang membebaskan manusia dari kemunafikan.

Surat Al Falaq
Sumber: Pinterest

Diriwayatkan dari Aisyah RA, bahwasannya saat Rasulullah SAW hendak menuju tempat tidurnya setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya, lalu meniup keduanya sambil membaca:

“Qul huwallahu ahad (Al Ikhlas), Qul a’udzu birabbil falaq (Al Falaq), dan Qul a’udzu birabbin nas (An-Nas), lalu beliau mengusapkan kedua tangannya kepada tubuhnya yang dapat beliau jangkau, yakni dimulai dari atas kepala dan wajahnya, dan bagian depan tubuhnya. Beliau melakukannya sebanyak tiga kali.” (HR. Al Bukhari).

Artinya, dengan membaca Al Falaq, seseorang akan dijaga dari tidurnya.

Surat ini juga dapat melindungi diri dari sihir. Berdasarkan Dala’il An Nubuwah, Nabi Muhammad SAW pernah mendapat sihir dari seorang Yahudi bernama Lubaid bin Asham. Diceritakan, sihir itu menggunakan media pelepah kurma berisi rambut Rasulullah, beberapa gigir sisir, dan sebelas ikatan yang ditusuk jarum. Setelah itu, Rasulullah SAW membaca surat ini, lalu sihir itu terlepas.

Keutamaannya

Membaca Al Falaq termasuk dalam amalan sunnah dengan terbaiknya adalah membaca sebanyak tujuh kali bersamaan dengan surat Al Fatihah, Al Ikhlas, dan An Nas usai menunaikan ibadah salat. Beberapa keutamaan dalam membaca adalah sebagai berikut seperti dilansir dari Suara.com.

  1. Allah akan mengampuni dosa seseorang yang membaca Falaq dengan khusus, dosa yang terhapus, antara lain dosa yang telah lalu dan dosanya di masa kini.
  2. Allah akan memberikan pahala yang besar sebanyak iman seseorang yang membaca Falaq.
  3. Allah akan melindungi seseorang yang membaca surat Al Falaq dari kejahatan yang terlihat maupun tak terlihat.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close