Trending

Pengakuan penemu surat bersih PKI yang jadi bungkus bawang

Enam dekade lewat, surat bersih dari PKI nasibnya nggak diduga lho. Pengguna media sosial Twitter mengunggah surat PKI, dalam cuitannya warganet itu mengatakan surat bersih PKI jadi bungkus bawang di pasar.

Foto yang diunggah akun @initipis tersebut terlihat usang. Kertas berwarna kuning dan tulisan di surat itu menggunakan mesin ketik dan ejaan lama. Surat PKI itu menarik perhatian dari warganet lho.

Baca juga: Kemenag dukung panitia yang minta peserta MTQ lepas cadar, kok?

Kronologi surat PKI

Akun yang mengunggah foto surat bersih PKI itu mengungkapkan awalnya nggak mengira bungkus bawang itu adalah surat PKI.

“Jadi waktu pagi-pagi saya ngerjain tugas sekolah, kebetulan juga ibu habis pulang dari pasar. Lalu pas buka bungkus bawang, kakak saya sekilas lihat ejaan lama di kertasnya, dibacalah kertas itu. Kaget terus cerita ke saya,” ujar akun tersebut kepada Hops, Sabtu 12 September 2020.

Bersama kakaknya, akun tersebut meneliti seksama apa sih isi surat kuno tersebut. Ternyata mereka sadar itu surat bersih diri dari PKI. Surat itu dikeluarkan Kodim 0815/6 Mojokerto Jawa Timur. Surat bertarikh 1968, atau tiga tahun selepas tragedi G30S.

Serahkan ke museum

Kader PKI di Batavia
Kader PKI di Batavia. Foto Instagram @kom.indo

Pengunggah surat PKI itu mengaku belum didatangi petugas atau pihak tertentu selepas postingannya ini viral dan dibahas warganet.

Dia mengatakan belum ada perwakilan dari TNI atau institusi manapun yang mendatanginya untuk membincangkan surat bersih PKI itu.

Si akun tersebut berpandangan surat itu bernilai sejarah, dan dia berniat untuk menyerahkan kepada pihak yang tepat yakni museum.

“Rencana kalau udah tahu caranya mau dimasukkan ke museum kalau bisa,” katanya kepada Hops.

Apa kata sejarawan

HUT PKI. Foto: Dok Historia.
HUT PKI. Foto: Dok Historia.

Pegiat sejarah, Mazzini Saddam merespons ciral surat itu. Menurutnya, surat yang diposting akun @initipis itu bukan surat pengakuan PKI, tapi surat yang menyatakan bersih dari PKI.

“Ini surat keterangan bebas dari keterlibatan G30S atau ortu kakek nenek bukan orang PKI. Namanya Surat Keterangan Bersih Diri (SKBD). Jadi ini buat keperluan administratif jaman Orde Baru, misal orang mau daftar PNS, daftar Polisi, datar kerja dan lainnya. Ya harus punya surat ini,” jelas Mazzini membalas postingan @initipis.

Mazzini mengatakan, surat itu begitu berharga bagi keluarga yang dianggap dan dinilai keturunan PKI. Tanpa memegang surat bersih diri dari PKI, anak cucu keturunan PKI bakal sulit untuk mendapatkan atau mengakses layanan sosial, misalnya melamar pekerjaan, bersekolah dan lainnya.

Di masa lalu, surat tersebut mendiskriminasi warga negara keturunan PKI. Namun untungnya, tulis Mazzini, pada 2008 anak keturunan PKI sudah bisa bebas.

“Pas Pak @mohmahfudmd jadi Ketua MK tahun 2008 hak sipil keturunan orang-orang (yang dianggap) PKI udah pulih jadi gak ada lagi bikin surat kaya gini,” kata dia.

Dalam sejarahnya, kata Mazzini, surat tersebut dikritik lantaran jelas mendiskriminasi warga negara yang dituding atau dianggap sebagai anak cucu keturunan PKI.

“Makanya peraturan SKBD ini dikecam habis ya karena imbas ke anak cucu, apalagi dulu untuk menetapkan orang telibat PKI gak cuma karena dia masuk ke partai atau organisasi under PKI. Cuma sekedar berkawan atau pernah terlibat ngisi acara PKI aja kena,” jelasnya.

Nah Hopers, kalian menilai bagaimana dengan surat bersih diri dari PKI itu?

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close