Trending

Surat dalam botol dari Jepang ditemukan di Hawaii setelah 37 tahun arungi laut, isinya bikin nostalgia

Sebuah surat dalam botol yang dilepaskan ke laut oleh siswa Jepang 37 tahun lalu ditemukan di Kepulauan Hawaii, AS. Berdasarkan jarak, kepulauan yang ada di tengah Samudra Pasifik Utara itu berada sekitar 6.000 km jauhnya dari Jepang.

Surat kabar Jepang, Mainichi melaporkan, siswa dari klub ilmu alam di Choshi High School di prefektur timur Chiba melepas botol berisi surat pada tahun 1984 silam sebagai bagian dari proyek untuk menyelidiki arus laut. Kala itu, total ada 750 botol yang dilepaskan ke laut dekat Pulau Miyakejima Tokyo pada tahun 1984 dan 1985.

Sebelum yang sekarang ditemukan di Hawaii, terakhir surat dalam botol itu ditemukan pada tahun 2002 silam di Pulau Kikaijima di barat daya Prefektur Kagoshima Jepang.

Kemudian, pada bulan Juni lalu, Abbie Graham yang berusia sembilan tahun menemukan botol itu di pantai berbatu di Hawaiian Paradise Park. Di dalamnya ada formulir kontak dalam bahasa Jepang, Inggris dan Portugis yang menjelaskan bahwa botol itu telah dilepaskan di lepas pantai Choshi, dan meminta penemu untuk menghubungi sekolah Choshi High School.

Abbie lantas mengirim formulir kontak itu kembali ke Choshi High School, bersama dengan gambar dia dan adiknya makan sushi, pada awal September lalu. Usai mendapat kabar tersebut, Wakil Kepala Sekolah Choshi High School, Jun Hayashi mengaku kaget.

Surat dalam botol. Foto: RNZ
Surat dalam botol. Foto: RNZ

“Kami pikir yang terakhir ditemukan di Kikaijima. Kami tidak pernah membayangkan yang lain akan ditemukan 37 tahun kemudian,” kata Hayashi dinukil dari The Guardian, Jumat 17 September 2021.

Sejak 1985, botol-botol yang dilepaskan ke laut oleh sekolah tersebut telah ditemukan di 17 tempat termasuk Okinawa, Filipina, China, dan pantai barat AS.

Ditemukannya botol tersebut tak ayal membuat para anggota klub alam Choshi High School kala itu, yang kini sudah beranjak dewasa terkejut dan merasakan nostalgia.

“Saya terkejut, itu menghidupkan kembali kenangan nostalgia masa sekolah menengah saya. Saya berterima kasih kepada mereka yang terlibat,” kata Mayumi Kanda (54) yang pada tahun 1984 merupakan anggota klub alam Choshi High School.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close