Trending

Masuk Hindu Sukmawati beri surat mandat khusus ke sosok ini, isi lengkapnya

Sukmawati Soekarnoputri telah memutuskan memeluk agama Hindu. Upacara ritual Sukmawati masuk Hindu akan digelar pada 26 Oktober 2021 pekan depan. Sukmawati telah memberikan kepercayaan pada satu orang untuk mengurus upacara Sudi Wadani atau kembali ke agama Hindu. Untuk upacara kembali ke Hindu, Sukmawati beri surat mandat kepada Arya Wedakarna.

Nah ternyata Sobat Hopers, untuk masuk Hindu ini Sukmawati sampai memberikan surat mandat khusus kepada Presiden The Sukarno Center, Arya Wedakarna lho. Apa ya isi surat mandat tersebut?

Muslima Fest

Surat mandat Sukmawati untuk upacara masuk Hindu

Arya Wedakarna mengungkapkan dia dipercaya oleh Sukmawati untuk mengurus semua hal yang berkaitan dengan upacara Sudi Wadani lho.

Surat mandat SUkmawati untuk upacara kembali ke Hindu
Surat mandat SUkmawati untuk upacara kembali ke Hindu. Foto Instagram @aryawedakarna

Dalam surat mandat itu, Sukmawati memerintahkan Srya Wedakarna untuk membiayai 100 persen upacara ritual kembali ke Hindu tersebut.

Sukmawati juga mempercayakan Arya Wedakarna untuk menjadi juru bicara untuk pihak pewarta dan eksternal berkaitan dengan upacara ritual tersebut lho.

Dalam surat mandat itu pula, Arya Wedakarna diperintahkan untuk mengurus teknis hadirin yang diundang yaitu cuma 50 orang saja, teknis koordinasi dengan pemerintah daerah, teknis publikasi media cetak atau elektronik, dan mewakili Sukmawati dalam pengurusan administradi Sudi Wadani.

Nah terkini, Arya Wedakarna telah menyerahkan punia atau sedekahnya untuk membiayai upacara Sudi Wadani Sukmawati tersebut.

“Jelang kedatangan Ibu Sukmawati Sukarno, Dr Arya Wedakarna melalui utusan telah menyerahkan punia untuk biaya Sudi Wadani, mengingat 100 persen biaya ditanggung oleh AWK,” tulis aku Instagram @aryawedakarna dikutip Sabtu 23 Oktober 2021.

Selain itu, untuk menyemarakkan upacara ritual kembali ke Hindu, Arya menyerahkan sejumlah lukisan Ibunda Bung Karno, lampu kristal dan tulisan petunjuk. Barang-barang tersebut telah diterima oleh Bale Agung Singaraja.

Sukmawati masuk Hindu

Sebelumnya Presiden Soekarno Center, Arya Wedakarna mengatakan, Hindu bukan kepercayaan yang asing bagi Sukmawati. Sebab, ibunda Soekarno atau eyangnya merupakan penganut agama tersebut.

Arya tak mengetahui pasti mengapa Sukmawati memutuskan pindah ke Hindu saat usianya sudah 70 tahun. Namun, sejauh yang dia tahu, Sukmawati kerap mengikuti sejumlah ritual keagamaan saat berkunjung ke Bali.

Barang yang diserahkan Sukmawati untuk upacara kembali masuk Hindu
Barang yang diserahkan Sukmawati untuk upacara kembali masuk Hindu. Foto Instagram @aryawedakarna

Itulah mengapa, ritual perpindahan agama yang disebut dengan Sudhi Wadani tersebut bakal digelar di Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali.

“Karena keputusan ini tidak diambil dalam waktu singkat, ini kan perjalanan sejarah, perjalanan spiritual beliau, termasuk juga petunjuk leluhurnya ya.”

“Ada mungkin suatu pertanda karena beliau kan selama ini kan memeng senang datang ke Pura, mempraktikkan ritual-ritual Hindu, kalau saya selaku perwakilan beliau di Soekarno Center di Bali memang sering mengantar beliau ke pura-pura, berdiskusi dengan para pendeta,” tuturnya.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close