Unik

Surealisme adalah hasil karya yang bersumber dari khayalan, simak cirinya

Ada banyak aliran dalam karya seni, salah satunya surealisme. Secara umum, surealisme adalah aliran yang menampilkan alam bawah sadar, khayalan dan mimpi menjadi karya indah.

Bisa dibilang, aliran surealisme adalah bentuk seni kebebasan yang mengacu pada bentuk yang tak lazim atau tidak wajar. Aliran ini menampilkan kebebasan di luar batas logika dan pikiran. Surealisme menggabungkan beberapa objek nyata ke dalam kondisi yang tidak mungkin terjadi di dunia nyata. Makanya bersifat mustahil dan tidak masuk akal.

Para seniman aliran surealisme menggambarkan hasrat terpendam ke dalam bentuk lukisan. Aliran ini menggunakan menggunakan pendekatan teori psikologis Freud yang mengeksplorasi alam bawah sadar dan mimpi sebagai penggambaran dari hasrat yang tersimpan di alam bawah sadar.

Surealisme yang mendunia

Surealisme mulai di pertengahan 1920-an, dikutip dari Wikipedia. Sejak itu, aliran tersebut menyebar ke seluruh dunia. Aliran ini lahir di Perancis, Eropa dan berkembang selama Perang Dunia I dan II. Kondisi perang turut memengaruhi lahirnya aliran surealisme. Di mana perang memicu tekanan mental sehingga manusia berpikir kritis kemudian melahirkan paham di luar realita. Nah, karena realita yang ada saat itu berbahaya, maka muncul aliran yang mengalami perubahan bentuk dari aslinya.

Surealisme memiliki unsur kejutan. Banyak seniman yang memandang karya mereka sebagai ungkapan gerakan filosofis yang pertama dan paling maju. Beberapa contoh karya seni surealisme misalnya kepala manusia dengan isi tak lazim, gambar manusia setengah ikan, jam yang meleleh dan lain-lain.

Ilustrasi seni Surealisme. Foto: Pixabay
Ilustrasi seni Surealisme. Foto: Pixabay

Ciri aliran seni surealisme

Ada beberapa ciri aliran surealisme, di antaranya:

  1.  Objek yang digambarkan terinspirasi dari kehidupan sehari-hari yang dilukis dengan suasana yang tidak lazim seperti di dunia nyata.
  2. Meski berbentuk tidak lazim, karya seni tersebut memiliki arti tersembunyi.
  3. Umumnya punya kontras objek yang tinggi. Di mana terdapat objek besar yang disandingkan dengan objek kecil.
  4. Mirip seperti fantasi tetapi tetap mengutamakan unsur obyek di dunia nyata
Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close