Trending

Susur sungai Ciamis makan korban, air tenang tapi ada pusaran, sungai Cileueur angker?

Sebelas siswa dari MTS Harapan Baru, Pondok Pesantren Cijantung, Ciamis, Jawa Barat dikabarkan meninggal dunia saat melaksanakan kegiatan Pramuka susur sungai di Cileueur.

Seorang warga setempat, Ismael mengungkapkan kondisi sungai Cileueur yang jadi lokasi tenggelamnya belasan siswa.

Muslima Fest

Pria berusia 53 tahun ini mengatakan, lokasi kejadian tersebut tepat berada di Luewi Ili di ruang Sungai Cileueur Blok Kampung Wetan, Desa Utama dan kerap dijadikan lokasi memancing oleh warga setempat.

Jenazah korban susur sungai di Ciamis, Jawa Barat. Foto: Kompas/Adeng Bustomi
Jenazah korban susur sungai di Ciamis, Jawa Barat. Foto: Kompas/Adeng Bustomi

Ismael menjelaskan kondisi sungai dalam beberapa waktu terakhir yang aliran airnya tenang alias tidak deras.

Dia juga membantah sungai tersebut menyimpan kisah mistis lantaran warga setempat sendiri hingga malam hari masih beraktivitas di sekitar sungai.

“Terlebih seperti sekarang ini, airnya tenang tidak deras. Disini biasanya banyak yang mancing sampai malam. Kalau dibilang angker tidak begitu juga, buktinya banyak yang mancing di sini sampai malam,” ujar Ismael, mengutip Kompas pada Sabtu, 16 Oktober 2021.

Ismael menilai di lokasi tenggelamnya belasan siswa berada di belokan. Sehingga walaupun permukaan keliatan tenang, namun di bawah permukaan Leuwi Ili terdapat pusaran air.

Adapun kondisi sungai Cileueur sendiri memiliki kedalaman hingga tiga meter dan terdapat hamparan batu di dasar sungai.

“Mungkin diperkirakan airnya dangkal. Karena sekitar Leuwei banyak hamparan baru. Apalagi hari ini arus tidak deras dan malah terlihat tenang karena sudah beberapa hari tidak hujan,” kata Ismael.

“Dengan kondisi Leuwi Ili semacam tersebut memang cukup berbahaya untuk dilewati, apalagi bagi yang tidak bisa berenang. Bagi yang bisa berenang juga berbahaya, kalau berenangnya pakai sepatu dan bawa ransel. Leuwi ini kan cukup dalam,” sambungnya.

Evakuasi korban susur sungai di Ciamis. Foto: Istimewa
Evakuasi korban susur sungai di Ciamis. Foto: Istimewa | Susur sungai Ciamis makan korban, air tenang tapi ada pusaran, sungai Cileueur angker?

Sejauh ini, kata Ismael, belum pernah ada korban tenggelam di sekitar aliran sungai tersebut. Dia menjelaskan, baru kali ini ada korban meninggal di Leuwi Ili bahkan hingga belasan orang.

“Sebelumnya belum ada yang korban disini. Apalagi sampai sebelas orang lagi. Baru kali ini terjadi dalam sejarah. Leuwi ini airnya kelihatan tenang, tapi sampai menelan banyak korban,” imbuhnya.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close