Hobi

Suzuki Jimny versi melar 5 pintu, Maruti: Dijual jadi model paling laris

Produsen Suzuki Jepang hingga kini masih terus berupaya memenuhi permintaan Suzuki Jimny dari berbagai negara dan belum memberikan tampuk produksi ke negara lain.  Di negara ini, Jimny dengan model tiga pintu dan harga mahal tidak sesuai dengan pasar dan tidak akan banyak diserap oleh pasar.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Maruti Suzuki India, model Suzuki Jimny tiga pintu yang ada saat ini, diperkirakan tidak akan membuat konsumen banyak meminangnya. Selain kapasitas 2+2 yang dimiliki, harga yang ditawarkannya pun cukup tinggi bagi konsumen.

Karakter pasar India yang membutuhkan mobil dengan kapasitas besar menjadi salah satu  pertimbangan dimana konsumen banyak memilih mobil yang memiliki kapasitas penumpang cukup  banyak. Karakter tersebut tentu tak jauh berbeda dengan pasar di Indonesia.

Suzuki Jimny lima pintu Foto: Kleber Silva

Karenanya Maruti Suzuki menilai perlu adanya pengembangan pada model Jimny yang saat ini mengusung model tiga pintu ditambahkan kapasitas menggunakan dimensi baru yang lebih panjang dari model yang ada saat ini.

Hal tersebut diungkapkan CV Raman, Direktur Eksekutif Senior Maruti Suzuki India Limited (MSIL), menyatakan bahwa Suzuki Jimny 3 pintu tidak akan berfungsi di India dan tidak ada gunanya menurunkannya sebagai CBU. Bahkan, kemungkinan ‘Maruti Suzuki Jimny’ bahkan tidak akan menjadi produk CKD tetapi penarik volume yang sangat lokal.

Lebih lanjut dia menambahkan bahwa keputusan bisnis harus dibuat walaupun boleh saja memiliki emosi. “Kami sangat percaya bahwa emosi memainkan peran penting dalam penerimaan produk. Bagi banyak orang (termasuk mereka yang tidak menganggap diri mereka sebagai ‘petrolhead’), mobil lebih merupakan moda transportasi,” katanya seperti dikutip Rushlane Minggu 7 Mei 2020.

Suzuki Jimny dengan pilihan warna gelap yang makin macho
Suzuki Jimny jjadi model paling populer Foto: Suzuki.co.id

Dengan pertiimbangan tersebut, Maruti memperkirakan jika Jimny hanya mempertahankan model tersebut, dinilai tidak akan bisa menciptakan pasar yang lebih luas sebagai salah satu ceruk yang bisa diisi untuk model Jiimny. Terlebih di India sendiri, sudah banyak muncul pesaing seperti Jimny yang ditawarkan oleh produsen seperti Mahindra yang jauh lebih proporsional bagi konsumen baik dari kapasitas penumpang dan model.

Baca juga: Sepanjang covid-19, mobil Suzuki bikinan Indonesia kalahkan mobil impor

Karena itulah, Maruti Suzuki sangat berharap bisa mengembangkan model Jimny berbeda yakni dengan kapasias lima pintu untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pasar di negara tersebut. Jika hal itu tidak bisa, Maruti juga tengah mengajukan permohonan pengembangan model Suzuki lain yang akan dibuat mengotak seperti Jimny yang sesuai dengan pasar.

 Sebelumnya, media Jepang telah melaporkan bahwa Suzuki memiliki rencana untuk memulai produksi Jimny di pabrik mereka di Gujarat, India. Penggemar mobil India berpendapat bahwa jika Maruti Suzuki berniat menjual Jimny dalam format yang sama tidak menarik, yang terbaik adalah tidak memperkenalkan produk sama sekali.

Suzuki Jimny lima pintu Foto: Kleber Silva

Mereka yang ingin memiliki Suzuki Jimny menyukainya apa adanya. Namun demikian, pembangkit listrik akan menjadi BS6 1.5-liter K15B NA bensin empat silinder (dengan sistem 12V-hibrida ringan) BS6 yang menghasilkan torsi 103bhp dan 138Nm. Ini digabungkan dengan transmisi otomatis 5-kecepatan manual atau 4-kecepatan.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close