Hobi

Trend mobil listrik bikin Suzuki nekat korbankan satu model di suntik mati

Trend kendaraan elektrifikasi yang tengah gencar diluncurkan banyak produsen otomotif, membuat Suzuki ikut andil dalam menyiapkan mobil listrik untuk pasar Indonesia.

Cilakanya, demi menyongsong dan mengikuti trend kendaraan elektrifikasi, Suzuki nekat korbankan satu model mobilnya untuk digantikan dengan model yang menggunakan teknologi elektrifikasi sebagai sektor penggerak.

Muslima Fest

Komitmen untuk mengembangkan kendaraan ramah lingkungan ini mengharuskan Perusahaan mengalihkan prioritasnya. Sehingga dengan adanya kendaraan elektrifikasi akan berdampak terhadap berhentinya produksi salah satu kendaraan konvensional legendaris Suzuki, yaitu Karimun Wagon R.

Suzuki Karimun
Suzuki Karimun Foto: suzuki

Menurut Shodiq Wicaksono, Managing Director Suzuki Indonesia, Suzuki akan fokus pada kendaraan elektrifikasi yang terjangkau bagi konsumen.  Meski begitu, penghentian produksi Karimun Wagon R ini hanya berlaku untuk pasar domestik.

“Kami sedang bersiap untuk mengenalkan kendaraan elektrifikasi kepada masyarakat. Namun, kami juga harus jeli melihat daya beli masyarakat Indonesia secara umum saat ini. Untuk itu, dengan berbagai pertimbangan dan masukan dari berbagai pihak, Suzuki akan masuk ke era elektrifikasi melalui teknologi hybrid,” katanya.

Suzuki siapkan mobil listrik

Dalam rangka mendukung program percepatan pemerintah dalam menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 29% pada 2030, Suzuki Indonesia berkomitmen untuk mendukung program tersebut dengan memfokuskan diri pada pengembangan kendaraan elektrifikasi.

Suzuki Karimun Wagon R
Suzuki Karimun Wagon R Foto: Suzuki

Hal ini juga menjadi bagian dari rencana jangka panjang Perusahaan yang berkomitmen untuk memproduksi kendaraan ramah lingkungan yang sesuai kebutuhan masyarakat.

Pengembangan teknologi hybrid yang Suzuki lakukan adalah langkah awal Perusahaan dalam mengenalkan teknologi elektrifikasi yang sejalan dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat Indonesia saat ini. Ke depannya, Suzuki akan terus berinovasi mengembangkan kendaraan elektrifikasi lainnya secara bertahap.

“Dengan berat hati kami harus menghentikan produksi Karimun Wagon R untuk pasar dalam negeri. Namun, kami akan menghadirkan kendaraan elektrifikasi untuk konsumen setia Suzuki dalam waktu yang tidak lama lagi.” pungkasnya.

Karimun Wagon R adalah mobil yang sesuai digunakan untuk kendaraan operasional maupun pribadi karena memiliki ruang kabin yang lega, praktis, dan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Dengan kata lain, ini adalah mobil SUPER atau Spacious, Useful, Practical, Efficient, dan Reasonable.

Suzuki Karimun Wagon R
Suzuki Karimun Wagon R Foto: suzuki

Pasar Suzuki Karimun

Kontribusi segmen fleet terhadap peningkatan penjualan Karimun Wagon R didominasi beberapa bidang usaha, seperti FMCG, industri keuangan, hingga farmasi. Bodinya yang ringkas tidak membuat ruang kabinnya kecil. Hal ini menjadi salah satu keunggulan yang dicari perusahaan untuk kendaraan operasional.

Selain itu, dengan bodi ringkas, kabin luas, bahan bakar irit, dan value for money Karimun Wagon R sudah sejak lama menjadi andalan banyak industri untuk menjangkau konsumen di berbagai wilayah terpencil di seluruh Indonesia.

Sebagai mobil SUPER, total angka penjualan Karimun Wagon R menurut data dari GAIKINDO juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Di bulan September 2020, Karimun Wagon R tumbuh 106% dari sisi wholesales dan 44% dari sisi retail sales jika dibandingkan dengan bulan Agustus 2020.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close