Unik

Syarat perpanjang SIM A dan C, lengkap tarif dan cara mudahnya

Surat Izin Mengemudi alias SIM merupakan salah satu dokumen yang wajib dimiliki oleh setiap pengendara kendaraan. Buat kamu yang bingung soal syarat perpanjang SIM A dan C, yuk simak artikel berikut ini.

Setiap pengguna kendaraan baik roda dua ataupun roda empat, diharuskan untuk memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) sebagai syarat izin untuk berkendara di jalan raya.

SIM sendiri adalah sebuah kartu atau dokumen yang berisi data pribadi pengendara. Artinya, bagi seseorang yang memiliki SIM sudah diperbolehkan secara sah untuk mengendarai kendaraan di jalan.

Kendati demikian, masa berlaku SIM hanya selama lima tahun, jadi bagi kamu pemilik SIM A atau C wajib perpanjang sebagai salah satu syarat berkendara.

Ilustrasi perpanjang SIM A dan C. Foto: Antara
Ilustrasi syarat perpanjang SIM A dan C. Foto: Antara

Apabila pengguna kendaraan tidak memperbarui sebelum tanggal berakhirnya masa SIM, maka pengguna diwajibkan untuk melakukan tes SIM kembali layaknya membuat SIM untuk pertama kali.

Adapun secara garis besar proses perpanjangan SIM A maupun C, pendaftar diharuskan untuk mendatangi Satuan Penyelenggara Administrasi SIM secara langsung dengan melengkapi proses identifikasi seperti pengambilan foto, tanda tangan dan pengambilan sidik jari.

Setelah proses itu, pendaftar langsung mendapatkan SIM sesuai dengan yang telah didaftarkan.

Bagi kamu yang ingin perpanjang SIM A atau C, yuk simak syarat, tarif harga, hingga cara mudah berikut ini.

Syarat perpanjangan SIM A dan C:

  1. SIM yang masih berlaku
  2. KTP asli atau Surat Keterangan Pengganti KTP dan fotocopy
  3. Surat lulus tes psikologi
  4. Surat Kesehatan

Tarif harga alias biaya perpanjang SIM A dan C

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 tahun 2016, tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak ( PNBP), biaya perpanjang SIM sebagai berikut:

SIM A Rp 80.000 dan C Rp 75.000. Tetapi, ada tambahan biaya untuk tes kesehatan sebesar Rp 25.000 dan asuransi Rp 30.000, maka total biaya yang harus dikeluarkan untuk SIM A sebesar Rp 135.000 sedangkan untuk SIM C Rp 130.000.

Tata cara perpanjang SIM A dan C

Lokasi perpanjang SIM. Foto: Antara
Syarat perpanjang SIM, lengkap tarif dan cara mudahnya | Lokasi perpanjang SIM. Foto: Antara

Setelah segala syarat perpanjang SIM A dan C lengkap, berikut tata caranya

  1. Kamu bisa melakukan pendaftaran untuk perpanjangan SIM di sejumlah tempat yang tersedia, di antaranya bisa di Samsat terdekat.
  2. Nantinya petugas akan memberikan formulir yang harus kamu isi sesuai dengan data diri, supaya proses pengisian lebih cepat, disarankan kamu membawa alat tulis sendiri.
  3. Setelah pengisian data diri selesai, formulir diserahkan kembali kepada petugas.
  4. Saat petugas memverifikasi data formulis yang kamu ajukan, kamu wajib menunggu antrean sampai nama dipanggil oleh petugas.
  5. Apabila syarat perpanjang SIM A ataupun C lengkap, nantinya kamu akan dipanggil untuk masuk ke dalam layanan guna mengikuti tes kesehatan.
  6. Kemudian setelah itu kamu harus melanjutkan ke tahap berikutnya yakni untuk berfoto.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close