Trending

Heboh tabung oksigen isinya udara kompresor tambal ban, ternyata oksigen asli tapi…

Kabar tabung oksigen palsu diisi udara kompresor tambal ban di Tulungagung Jawa Timur kini sudah ditangani kepolisian. Niatnya seorang beli tabung oksigen untuk orang sakit, tapi setelah ketahuan tabung oksigen itu berisi udara palsu, maka akhirnya jadi heboh dan ramai lah.

Belakangan polisi mengungkapkan, tabung oksigen yang ramai itu ternyata aslinya dibeli untuk ikan koi bukan untuk orang sakit. Polisi menemukan fakta baru pula ternyata oksigen dalam tabung itu asli. Gimana sih faktanya bisa ramai gitu.

Tabung oksigen isinya udara kompresor tambal ban

Ilustrasi kompresor tambal ban
Ilustrasi kompresor tambal ban. Foto Instagram @harianto_rawabokor_kompresor

Kasus tabung oksigen berisi udara kompresor tambal ban ini terbongkar saat pegiat ikan koi menyadari ikan mereka mati setelah diberikan udara dari tabung oksigen yang dibeli.

Jadi ada 4 peternak ikan koi di Tulungagung, yaitu Mualifin, Aizul Adam, Aris Novianto dan Supriono mencari tabung oksigen untuk ikan koi mereka. Dalam bisnis ini, ikan koi yang dibungkus kemasan plastik itu butuh oksigen.

Lalu Mualifin mengontak Muhammad Rifai yang sesama peternak ikan koi. Rifai kala itu punya stok tabung oksigen, akhirnya Mualipin minta stok tabung oksigen tersebut.

Mualipin mengatakan dia mendapatkan tiga tabung oksigen, satu tabung rencananya dipakai untuk ikan koi, sedangkan dua tabung lainnya bakal dipakai untuk orang sakit.

Begitu mendapatkan stok tabung oksigen, Mualipin memasukkan oksigen ke kemasan plastik ikan koi miliknya dan dua teman lainnya itu. Namun keanehan terjadi, selang beberapa menit sekitar 15 menit usai pengisian oksigen ke kemasan plastik, kok ikan koi mereka mati.

Jiwa penasaran dan curiga Mualipin bergejolak, dia ngecek dan pengujian isi tabung oksigen tersebut.

Caranya, lanjut Alipin, udara dari dua tabung oksigen itu dimasukkan dalam kantong plastik lalu disulut api. Kantong yang berisi oksigen asli langsung terbakar, sedangkan yang berisi oksigen palsu sama sekali tak terbakar.

“Kalau dibakar kelihatan jelas sekali,” katanya.

Cara lain untuk menegtahui isi tabung oksigen itu palsu atau tidak bisa dicek suhu tabungnya. Tabung oksigen palsu kalau dalam tabung hitam akan terasa lebih hangat dibanding tabung oksigen asli.

Lantaran ketahun isi tabung oksigen itu palsu, Mualipin langsung mengabarkan temannya, dua tabung oksigen sisa jangan dipakai untuk orang sakit.

Ternyata faktanya

Tabung oksigen
Tabung oksigen. Foto Instagram @abdul_oksigen

Mendapatkan laporan tabung oksigen isi udara kompresor tambal ban, Kepolisian langsung turun tangan. Polres Tulungagung dibantu Polda Jatim mengusut kasus ini.

Nah ternyata, awalnya tabung oksigen itu memang dipakai untuk ikan koi bukan untuk keperluan orangsa sakit.

Dirreskrimsus Polda Jatim, Kombes Pol Farman mengatakan, jajarannya sedang mendalami dugaan kasus tersebut. Temuan tabung oksigen palsu tersebut khusus untuk ikan koi bukan untuk manusia atau untuk keperluan medis.

“Kejadian yang ada di Tulungagung ini bukan untuk kepentingan pasien melainkan untuk ikan koi,” ujarnya dikutip dari Suara.com, Jumat 23 Juli 2021.

Kepolisian telah mengamankan dua tabung oksigen sisa dan akan meneliti di laboratorium.

Informasi kekinian, dikutip dari CNN Indonesia, Kombes Farman mengatakan oksigen pada tabung itu berisi oksigen asli, cuma lantaran kadarnya kurang akhirnya ikan koi milik peternak jadi mati.

Standarnya, kadar oksigen dalam tabung untuk medis maupun tabung untuk ikan koi itu 99,5 persen. Makanya kadar oksigen yan kurang dari itu, wajar ikan koi mati.

Dari kasus ini Polda Jatim turun menelusuri apakah ada kasus tabung oksigen untuk pasien Covid-19 itu kurang dari kadar standar.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close