Trending

Tak cuma di Indonesia, CPNS juga jadi buruan warga China: Pendaftar lebih dari 2 juta orang!

Lowongan calon pegawai negeri sipil atau dikenal dengan CPNS menjadi salah satu lowongan kerja primadona penduduk Indonesia. Hal ini rupanya juga terjadi di negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, China.

Di China, sebanyak lebih dari 2 juta orang mendaftar untuk mengikuti tes CPNS tahun 2022. Menurut lembaga swasta yang menawarkan pelatihan untuk ujian tersebut, Offcn Education and Technology Co., angka ini merupakan rekor terbesar. Angka pendaftar ini juga lebih banyak 514.000 orang dibanding tahun lalu.

Melansir laman China Daily, Selasa 26 Oktober 2021, dengan angka pendaftar yang besar itu, berarti hanya ada 1 dari 59 orang yang bakal diterima sebagai pegawai negeri sipil. Persaingan ini juga lebih ketat dari tahun lalu, yang mencatat 1 dari 54,5 orang yang diterima.

Warga China tertarik jadi PNS. Foto: China Daily
Warga China tertarik jadi PNS. Foto: China Daily

Wang Jian, kepala tutor di Offcn mengatakan, tes CPNS di China makin populer dan melonjak karena banyak lulusan perguruan tinggi ingin bekerja sebagai PNS. Bahkan Wang mengatakan dia beberapa kali diundang di sejumlah perguruan tinggi di Shanghai dan Provinsi Shaanxi untuk memberikan pelatihan ujian CPNS.

Ada dua bagian untuk ujian pegawai negeri sipil tahunan. Tahun ini, bagian pertama, yaitu ujian tertulis, akan diadakan pada 28 November. Bagian selanjutnya adalah wawancara bagi mereka yang lulus bagian tertulis. Wawancara akan diadakan sekitar tahun depan, setelah itu 31.242 orang akan direkrut untuk mengisi posisi secara nasional.

Di antara semua lowongan yang ditawarkan tahun ini, sekitar 84 persen tidak membatasi pengalaman kerja pelamar, dan 67 persen ditawarkan kepada siswa yang akan lulus pada 2022.

“Ini adalah berita bagus bagi mereka yang akan lulus tahun depan, mengingat dampak buruk pandemi COVID-19 terhadap prospek pekerjaan lulusan perguruan tinggi,” kata Wang.

Warga China tertarik jadi PNS. Foto: China Daily
Warga China tertarik jadi PNS. Foto: China Daily

Ada kabar baik untuk lulusan sebelumnya juga. Wang mengatakan ada juga beberapa pos yang terbuka untuk siswa yang lulus tahun lalu dan tahun ini.

“Untuk membimbing kaum muda bekerja di tempat-tempat yang membutuhkan bakat, seperti organ pemerintah tingkat akar rumput dengan kondisi kerja yang terbelakang dan sulit, negara telah mencoba menawarkan paket-paket yang menarik,” katanya.

Posisi paling populer tahun ini adalah di Administrasi Pos Prefektur Ngari di Wilayah Otonomi Tibet, yang menarik pendaftaran lebih dari 20.000 orang.

Sebaliknya, beberapa tempat dengan batasan ketat atau yang terletak di daerah barat yang jauh dan terbelakang, kurang menarik perhatian para pelamar. Data menunjukkan bahwa ada 127 posisi yang tidak memiliki pelamar sama sekali.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close