Trending

Heboh Taliban itu keping neraka di bumi, ini lho konteksnya

Beberapa hari terakhir beredar viral pernyataan Buya Syafii Maarif soal Taliban itu bawa keping neraka ke bumi. Berbagai pihak meresponsnya lho. Buya Syafii menyampaikan hal tersebut dengan konteks. Jadi jangan lupa ya konteks yang dibicarakan mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu.

Buya Syafii mengatakan dalam sebuah wawancara di Sleman, Yogyakarta, soal Taliban di masa lalu yang pernah menampilkan wajah yang tidak ramah. Konteks Taliban keping neraka itu adalah kala Taliban pernah berkuasa di Afghanistan.

Muslima Fest

Taliban keping neraka

Dalam pernyatannya, Buya Syafii menyarankan kepada pemerintah Indonesia untuk sabar melihat dan mencermati komitmen Taliban yang kini menguasai Afghanistan. Apakah benar sih komitmen Taliban akan berubah. Buya mengatakan saat menguasai Afghanistan pada 1996-2001, Taliban begitu kejam.

Taliban. Foto: The Denver Post
Taliban. Foto: The Denver Post

“Tahun 1996-2001 itu parah sekali. Berkuasa lima tahun itu Taliban membawa keping negara ke muka bumi. Mestinya kalau pakai nama Islam membawa keping surga ke buka bumi. Jangan dibalik-balik gitu,” ujarnya dalam wawancara dikutip dari Antara.

Dia mengatakan selama lima tahun berkuasa, Taliban melawang anak perempuan keluar rumah, tidak boleh sekolah. Belum lagi pembunuhan, genosida yang dilakukan.

Buya mengatakan mengubah ideologi itu tidak mudah, makanya Buya sangat bersyukur kalau memang Taliban benar-benar berubah.

Bakal berubah

Jusuf Kalla meyakini kalau Taliban sudah berubah dari saat mereka berkuasa di Afghanistan pada 1996-2001 lalu. Menurut pandangannya, Taliban yang ada sekarang ini bakal lebih terbuka dan moderat dalam melihat dunia.

“Itu kenapa saya undang dua kali pimpinan Taliban ke Indonesia, untuk lihat bahwa Islam bisa berkembang dengan cara moderat,” tutur JK.

Ia kemudian berkata, “Mereka kagum kita jalankan Islam secara baik. Tak perlu konservatif. Dia ngunjungin pesantren-pesantren. Saya yakin pemerintahan Taliban ini lebih terbuka.”

Kelompok Taliban. Foto: Japantimes
Kelompok Taliban. Foto: Japantimes

Selama ini, JK memang dikenal aktif dalam upaya damai Afghanistan. Saat masih menjabat sebagai Wapres RI periode 2014-2019, JK pernah beberapa kali terlibat langsung dalam perundingan damai Afghanistan.

Ia pun kerap berbicara langsung dengan Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani, serta para petinggi Taliban dalam beberapa kali kesempatan.

JK menuturkan bahwa perwakilan pemerintah Afghanistan dan Pemimpin Politik Taliban pernah bergantian diundang makan bersama di kediaman dinas Wapres RI di Jakarta Pusat.

“Saya kenal baik dengan Presiden Ashraf Ghani dan Kepala Kantor Politik Taliban Mullah Abdul Gani Baradar. Akhir Desember lalu, saya bertemu Presiden Ghani di Kabul. Sedangkan Januari 2021 lalu, saya bertemu Mullah Baradar di Doha, Qatar,” imbuhnya.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close