Trending

Wih! Taliban temukan ‘harta karun’ di rumah eks petinggi Afghanistan, isinya bikin kaget

Kelompok pejuang yang kini berkuasa penuh di Afghanistan, Taliban baru-baru ini dilaporkan menemukan ‘harta karun’ di kediaman mantan Wapres Afghanistan, Amrullah Saleh di Provinsi Panjshir. Dari temuan tersebut, Taliban menemukan sekitar 6 juta dollar (setara Rp85 M) uang tunai dan setidaknya 15 emas batangan.

Sebuah video saat militan Taliban menggeledah kediaman Amrullah Saleh juga beredar di media sosial. Dalam video tersebut, terlihat pejuang Taliban sedang duduk-duduk di atas tiga buah koper berisi uang jutaan dollar dan beberapa batang emas.

Kantor berita Afghanistan juga membagikan ulang video yang sebelumnya beredar di media sosial, seraya mengatakan bahwa video itu menunjukkan gerilyawan Taliban sedang mendemonstrasikan aset yang ditemukan di kediaman Saleh.

Menukil laman Sputniknews, Selasa 14 September 2021, sebuah sumber dalam gerakan tersebut mengkonfirmasi kepada media asal Rusia itu bahwa sejumlah besar uang telah ditemukan di rumah mantan Wakil Presiden semasa pemerintahan Ashraf Ghani, Amrullah Saleh. Namun demikian baik Saleh maupun anggota perlawanan anti-Taliban belum mengomentari klaim tersebut.

Kelompok Taliban. Foto: Al Jazeera
Kelompok Taliban. Foto: Al Jazeera

Amrullah Saleh merupakan Wakil Presiden pertama dalam pemerintahan mantan Presiden Ashraf Ghani. Saleh kemudian mengklaim diri sebagai Presiden, dengan mengambil alih kekuasaan dan tugas presiden pada 17 Agustus 2021, tak lama setelah Taliban menguasai Kabul yang memaksa Presiden Ashraf Ghani melarikan diri dari Afghanistan.

Saleh telah menjabat sebagai Wakil Presiden negara itu sejak Februari 2020. Ia juga pernah menjadi Menteri Dalam Negeri pada 2018-2019 dan menjabat sebagai Kepala Direktorat Keamanan Nasional pada 2004-2010.

Pada 10 September, sebuah sumber yang dekat dengan pasukan perlawanan mengatakan bahwa Taliban mengambil kelompok mereka yang jadi tawanan dan kemudian membunuh Rohullah Saleh, saudara laki-laki dari Amrullah Saleh.

Seperti diketahui, kelompok Taliban memasuki Kabul pada 15 Agustus 2021 lalu. Ini menandakan pengambilalihan mereka atas Afghanistan dan sejak itu kelompok tersebut berkuasa penuh. Sebenarnya, Kabul bukanlah wilayah terakhir yang berhasil direbut oleh Taliban, melainkan Provinsi Panjshir, yang tetap menjadi pusat perlawanan hingga akhirnya jatuh pada tanggal 6 September 2021.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close