Unik

Lahan terbatas tapi mau bertanam? Ayo beralih ke tanaman hidroponik, ini dia 11 tanaman yang cocok dibudidaya

Pandemi Covid-19 mengharuskan Sobat Hops banyak berada di rumah. Namun hal in tak selamanya buruk. Selain bisa membantu menekan angka penyebaran Covid-19, berdiam di rumah juga melahirkan banyak hobi dan ide kreatif baru. Salah satunya bercocok tanam. Bagi yang memiliki lahan terbatas maka bisa menggunakan teknik hidroponik.

Ingin bercocok tanam secara hidroponik di rumah? Ada sejumlah tanaman hidroponik yang bisa ditanam dengan mudah di rumah. Diantaranya jenis sayuran dan buah.

Dilansir dari rumah123, bercocok tanam ala hidroponik merupakan cara menanam tumbuhan menggunakan media tanam berupa air. Cara ini malah bisa menghemat pemakaian air dalam jumlah banyak, meski memakai media tanam air.

Hal ini terjadi karena air tidak dibuang begitu saja, melainkan dimanfaatkan seperti tanah dalam bercocok tanam secara konvensional.

Sebenarnya, bercocok tanam ala hidroponik justru ditujukan untuk wilayah yang memiliki jumlah air terbatas.

Namun, Sobat Hops yang tinggal di perkotaan, bisa memanfaatkan pertanian hidroponik sebagai solusi pertanian di lahan terbatas.

Berikut ini 11 jenis tanaman hidroponik yang bisa Sobat Hops tanam di rumah:

1. Selada

Tanaman ini menjadi pilihan paling umum yang bisa dibudidayakan secara hidroponik lantaran bisa cepat tumbuh. Untuk merawat selada juga terbilang tidak sulit. Selada bisa menjadi pilihan pemula yang baru memulai budidaya hidroponik.

2. Timun

Timun bisa menjadi pilihan tanaman untuk budidaya secara hidroponik, meski membutuhkan perawatan ekstra. Tanaman ini memerlukan suhu yang hangat sehingga kamu harus menyediakan pencahayaan yang cukup.

3. Bayam

Sayuran ini bisa tumbuh dengan subur kalau ditanam dengan memanfaatkan media tanam berupa air. Tanaman ini tidak memerlukan cahaya yang banyak atau suhu yang panas untuk tumbuh dengan baik.

4. Tomat

Tomat hidroponik. Foto: Ist
Tomat hidroponik. Foto: Ist

Tanaman ini juga bisa dibudidayakan secara hidroponik meskipun memerlukan banyak air dan juga pencahayaan yang terang. Jika penerangan kurang cukup, kamu bisa memanfaatkan cahaya lampu untuk menerangi tanaman.

5. Wortel

Tanaman ini memiliki banyak akar yang menyebar dengan cepat dan bisa menyerap air dalam jumlah banyak. Walaupun tanaman ini bisa dibudidayakan secara hidroponik, namun tanaman ini menjadi pilihan bagi mereka yang sudah memiliki pengalaman.

6. Cabe

Tumbuhan ini juga bisa ditanam secara hidroponik dan tidak memerlukan perawatan yang intensif.

Namun, pastikan kamu memilih bibit yang bagus, cara penyemaian yang benar, dan memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman.

7. Kangkung

Tanaman ini juga mudah untuk dibudidayakan secara hidroponik dengan perawatan yang mudah. Kamu hanya perlu memerhatikan asupan nutrisi untuk tanaman agar tumbuh subur dan panen dengan cepat.

8. Sawi Hijau

Tanaman ini bisa ditanam di mana pun dan tahan terhadap hujan sehingga dapat tumbuh sepanjang tahun. Cara budidaya sawi hijau menggunakan hidroponik malah lebih mudah dibandingkan dengan cara konvensional.

9. Brokoli

Biasanya, brokoli ditanam di dataran tinggi, namun sekarang bisa ditanam di dataran rendah dengan teknik budidaya hidroponik. Jangan lupa untuk melakukan perawatan yang baik dengan memberikan nutrisi yang tepat untuk brokoli.

10. Buncis

Saat membudidayakan buncis secara hidroponik, kamu membutuhkan penopang berupa kayu agar tanaman ini bisa merambat. Ini dilakukan kalau kamu memilih buncis yang pendek. Salah satu jenis buncis lainnya adalah yang berukuran panjang.

11. Terong

Wortel hidroponik. Foto: Ist
Wortel hidroponik. Foto: Ist

Tanaman ini membutuhkan lahan banyak jika ditanam secara konvensional, namun tidak demikian saat dibudidayakan secara hidroponik. Jangan lupa untuk memerhatikan asupan nutrisi agar terong bisa tumbuh secara baik dan menghasilkan panen yang bagus.

Nah, selamat mencoba menanam tanaman hidroponik ya, Sobat Hops…

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close