Unik

7 Tanaman unik bikin melongo, ada yang besar hingga fantasi

Tujuh tanaman unik.

Betapa sempurna Tuhan menciptakan aneka flora dan fauna di bumi ini. Entah ribuan, jutaan bahkan miliaran varian biodiversitas yang ada di bumi ini patut disyukuri dengan senantiasa melestarikannya.

Tanaman unik ini juga ternyata memiliki banyak makna filosofi yang mendalam, seolah bercengkrama dengan manusia bahwa mereka juga punya kehidupannya sendiri yang minta dijaga dan dilestarikan.

Berikut Hops rangkum tentang tanaman unik yang mungkin sudah familiar di lingkungan sekitar dan menarik untuk disimak.

Baobab

Tanaman Baobab. Foto: Aduna
Tanaman Baobab. Foto: Aduna

Salah satu tumbuhan terbesar dan tertinggi di dunia ini ada di benua Afrika, tepatnya di Madagaskar. Saking besarnya, dibutuhkan sekitar 20 orang dewasa untuk dapat memeluk pohon baobab raksasa.

Ukuran diameter mahkota pohon ini sangat besar, yakni mencapai 38 meter, dan rekor ini merupakan rekor baobab terbesar yang pernah diketahui. Tingginya sendiri bisa mencapai lebih dari 25 meter.

Tanaman unik Welwitschia

Welwitschia. Foto: Gondwana Collection
Tanaman Welwitschia. Foto: Gondwana Collection

Tanaman unik ini terlihat agak menyeramkan, hidup di gurun Namib, Namibia. Tampaknya tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman yang telah sukses berevolusi di tengah lingkungan panas yang tidak mendukung kehidupan.

Nenek moyang dari tumbuhan dengan nama asli Welwitschia mirabilis ini diyakini oleh banyak ilmuwan telah ada pada zaman prasejarah, dan bahkan sejak zaman dinosaurus. Mirabilis sendiri adalah bahasa Latin yang berarti indah dan luar biasa, dan sepertinya karakter tersebut memang cocok dengan tumbuhan unik satu ini.

Sandal wanita

Lady’s Slipper Orchid. Foto: Extension
Lady’s Slipper Orchid. Foto: Extension

Namanya Lady’s Slipper Orchid, bunga ini memiliki sejuta keistimewaan, sehingga memiliki pengawal pribadi di Chelsea Flower Show yang diadakan setiap tahun. Lantaran itulah, bunga unik ini diberi julukan ‘sandal wanita’ karena kelopak kuningnya yang terlihat seperti bakiak kecil atau sepatu.

Kotak dadu

Snake’s Head Fritillary. Foto: DIY
Snake’s Head Fritillary. Foto: DIY

Keunikan bunga ini adalah ia memiliki kelopak kotak-kotak yang tampak menyerupai kulit ular. Namanya Snake’s Head Fritillary, namanya berasal dari bahasa Latin fritillus yang berarti kotak dadu. Sebagaimana pada pola kotak-kotak yang dapat kamu lihat pada kelopak bunga ini.

Bunga bibir

Psychotria Elata. Foto: Kumparan
Psychotria Elata. Foto: Kumparan

Bentuknya memang seperti bibir yang seksi, itu sebabnya bunga ini dinamakan bunga bibir. Nama lain dari tanaman ini adalah Psychotria Elata, dan uniknya tanaman ini juga dapat memproduksi senyawa dimethyltryptamine, di mana zat atau senyawa kimiawi ini dapat menggoda lalat dan serangga untuk menghampirinya.

Faktanya ternyata, bibir merah merona tersebut bukanlah bunga utamanya. Bunga utama dari tanaman ini justru berwarna putih dan muncul dari tengah-tengah tanaman, seperti ditulis dalam Whenonearth.

Victoria amazonica

Victoria Amazonica. Foto: Kompas
Victoria Amazonica. Foto: Kompas

Tumbuhan ini merupakan salah satu tanaman teratai terbesar di dunia, dengan habitatnya yang berada di hutan Amazon. Daun teratai Amazon ini dapat bertumbuh 10 centimeter setiap 24 jam, hingga puncaknya pada akhir musim panas tumbuhan ini dapat berbunga penuh.

Kamu juga dapat berdiri di atas tumbuhan ini lho. Tentu saja jika berat badan kamu tidak lebih dari 70 kilogram.

Bunga ‘anu’

Tanaman Unik Kantong Semar. Foto: Isu Bogor
Tanaman Kantong Semar. Foto: Isu Bogor

Kalau lihat ini, mohon jangan berpikir macam-macam yah! Bunga ini pernah viral karena bentuknya yang mirip “anu” sehingga kerap dinamai bunga anu. Padahal ini adalah tanaman kantong semar yang banyak dijumpai di Thailand.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close