Trending

Tanda aneh di kaki ini gejala Covid-19?

Sekelompok dokter dan ahli kesehatan di Eropa menemukan tanda aneh gejala Covid-19. Gejala aneh yang dimaksud yakni luka ungu di kaki yang mirip dengan cacar air pada pasien Covid-19. Tanda aneh itu dianggap bisa menjadi sinyal orang terinfeksi virus asak Wuhan, China yang mematikan.

Dokter di Spanyol menganggap, tanda aneh itu bisa membantu tenaga medis untuk mewaspadai kasus penularan positif Covid-19 dari orang tanpa gejala.

Lazimnya, orang Covid-19 muncul dengan gelaja batuk, sesak nafas, demam, suhu panas, serta kelelahan. Namun tenaga medis dan masyarakat luas menyadari ada orang positif Covid-19 yang tanpa gejala. Orang kategori ini disebut OTG (orang tanpa gejala). Orang kategori ini lah yang dinilai mengerikan, sebab tanpa menunjukkan gejala umum yang bersangkutan positif Covid-19 tanpa disadari.

Baca juga: Artis jual barang mewah, bokek karena sepi job?

Belum lama ini, General Council of Official Podiatrist College, Spanyol merilis soal temuan tanda aneh tersebut.

“Tanda aneh ini yaitu luka ungu, mirip dengan cacar air, campak atau kaligata, yang biasanya muncul di jari kaki dan biasanya ini sembuh tanpa meninggalkan bekas,” ujar rilis dari asosiasi tersebut dikutip dari laman BGR, Jumat 17 April 2020.

Tanda aneh gejala Covid-19
Tanda aneh gejala Covid-19 di kaki. Foto dokumen CGcop

Temuan gejala aneh ini di mata para dokter di Spanyol sungguh menarik rasa penasaran mereka. Sebab tanda aneh di kaki itu ditemukan pada ‘banyak’ pasien positif Covid-19 di Eropa.

Bagi para ahli dan dokter di Spanyol, tanda dan gejala aneh itu bisa diterapkan untuk mendeteksi para OTG. Sebab mendeteksi penyebaran Covid-19 pada individu yang tak memiliki gejala umum corona, menjadi tantangan utama bagi kalangan medis. Bayangkan orang OTG ini tak sadar dengan virus di tubuh mereka dan kemudian bisa menjadi pembawa virus bagi orang lain di sekitarnya, yang tak menyadari gejala pada OTG.

Ringkasnya, tanda aneh pada kaki itu bisa memberi dokter petunjuk untuk menemukan kasus positif Covid-19.

Teori tentang mengapa luka aneh itu muncul masih sedikit alias butuh pembuktian yang lebih kuat. Untuk itu peneliti perlu cepat menggali fenomena ini guna mengonfirmasi persisnya hubungan tanda aneh itu dengan Covid-19

“General Council of Official Podiatrist College ingin menyampaikan pesan serius kepada orang tua dan kemungkinan korban, mengingat sifat luka tersebut yang jinak. Dan ini mengingatkan pada orang tua dan korban, harus memantau penampilan gejala klinis Covid-19 seperti batuk, demam, sesak napas dan lainnya,” ujar keterangan resmi dari General Council of Official Podiatrist College.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close