Trending

Seragam mirip polisi, tanda pangkat Satpam memang beda

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menginstruksikan perubahan seragam Satuan Pengamanan atau Satpam menjadi warna cokelat muda mirip polisi. Seragam Satpam nantinya serupa kepolisian dengan dilengkapi dengan pangkat. Nah tahukah kamu seragam mirip polisi, tapi tanda pangkat Satpam beda lho.

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Awi Setiyono mengatakan, perubahan seragam Satpam itu diatur dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengaman Swakarsa.

Baca juga: Blak-blakan, pakar ini beberkan manfaat ganja di persidangan

Seragam baru

Atribut seragam Satpam baru
Atribut seragam Satpam baru. Foto Facebook Elang Buana Perkasa

Aturan ini memperbarui ketentua seragam Satpam yang diatur dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2007 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Organisasi, Perusahaan dan/atau Instansi/Lembaga Pemerintah.

“Ada perubahan warna seragam Satpam. Jadi terdapat lima jenis pakaian dinas anggota Satpam disertai dengan pangkatnya,” kata Awi di Mabes Polri, Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin 14 September 2020 dikutip dari Suara.

Awi merincikan lima jenis seragam Satpam tersebut, yakni Pakaian Dinas Harian (PDH), Pakaian Dinas Lapangan Khusus (PDL Sus), Pakaian Dinas Lapangan Satu (PDL Satu), Pakaian Sipil Harian (PSH), dan Pakaian Sipil Lengkap (PSL).

Tanda pangkat Satpam memang beda

Satuan Pengaman alias Satpam. Foto: Suara.
Satuan Pengaman alias Satpam. Foto: Suara.

Nah selain warna seragam yang mirip polisi, seragam Satpam baru ini akan ditambahi kepangkatan dan tanda kualifikasi Satpam. Kalau seragam Satpam sebelumnya, yang kita kenal sih ada badge, tanda kewenangan Satpam serta monogram Satpam.

Nah soal tanda pangkat Satpam akan berbentuk segitiga dengan kategori tiga warna. Warna putih untuk Satpam pangkat pelaksana, warna kuning untuk pangkat supervisor dan warna merah untuk pangkat manajer. Data dari Korbinmas Baharkam Polri, dari masing-masing golongan pangkat tersebut terbagi menjadi tiga kategori.

Baca juga: Ngeri, BIN Sebut pasukan bersenjata yang dimiliki setara TNI

Pangkat manajer masuk kualifikasi Gada Utama dengan kategori manager (segitiga merah satu); manajer madya (setitiga mewah dua); dan manajer utama (segitiga merah tiga).

Pangkat supervisor masuk kualifikasi Gada Madya dengan kategori supervisor (segitiga kuning satu); supervisor madya (segitiga kuning dua); dan supervisor utama (segitiga kuning tiga).

Sedangkan pangkat pelaksana masuk kualifikasi Gada Pratama, dengan kategori pelaksana (segitiga putih satu); pelaksana madya (segitiga putih dua); dan pelaksana utama (segitiga putih tiga).

Golongan pangkat Satpam
Golongan pangkat Satpam. Foto Korbinmas Baharkam Polri/via Facebook Elang Buana Perkasa

Filosofi seragam baru

Sejumlah anggota Satuan Pengamanan (Satpam) mengikuti apel di Lapangan Silang Monas, Jakarta. Foto: Antara
Sejumlah anggota Satuan Pengamanan (Satpam) mengikuti apel di Lapangan Silang Monas, Jakarta. Foto: Antara

Awi menjelaskan filosofi warna cokelat muda pada baju dan warna cokelat tua pada celana seragam Satpam. Awi mengungkapkan, warna tersebut identik dengan warna tanah atau bumi, kayu dan batu yang merupakan warna alami.

“Cokelat merupakan warna netral yang melambangkan kebersahajaan pondasi, stabilitas, kehangatan, rasa aman dan nyaman serta rasa percaya keanggunan, ketabahan dan kejujuran,” ujarnya.

Baca juga: Walau ditusuk, Syekh Ali Jaber minta jemaah hentikan gebuki pelaku

Di sisi lain, Awi mengemukakan dengan adanya kesamaan warna seragam Satpam dengan Kepolisian diharapkan dapat terjalin ikatan emosional antara institusi Polri dengan personel Satpam.

Selain itu, juga dapat menumbuhkan rasa kebanggaan bagi personel Satpam sebagai pengemban fungsi Kepolisian terbatas.

“Memuliakan profesi Satpam, dan menambah penggelaran fungsi kepolisian di tengah-tengah masyarakat,” kata Awi.

Topik

1 Komentar

  1. Selamat Malam,
    sebenarnya ini bukan komentar tapi lebih menjurus ke pertanyaan, untuk yang kwalifikasinya Gada Madya penggunaan atribut seperti Monogram, Kewenangan berwarna Kuning atau putih, untuk letak tali kur berada disebelah kiri atau kanan, untuk list topi dan emblem berwarna putih atau kuning, demikian saya sampaikan
    mohon untuk pencerahannya

    Salam,
    zili

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close