Unik

Tanpa planet Jupiter, tata surya kita harusnya punya lebih planet layak huni

Planet Bumi yang kita tempati sejauh ini menjadi planet satu-satunya yang dihuni manusia dan disebut paling layak huni. Penasaran, para astronom pun terus meneliti planet lain yang dapat dihuni.

Sejauh ini, astronom memiliki pendapat bahwa Mars lah yang cukup dapat menopang kehidupan.

Baca juga: Awas, ini 5 bahaya tidur menggunakan kipas angin terus-menerus

Namun, menurut sebuah studi terbaru, dengan batas potensi huni yang jauh lebih tinggi, sebanyak tujuh planet disebut dapat dihuni di sekitar satu bintang.

Ini berkaitan dengan penemuan tujuh planet berbatu di sekitar bintang katai merah TRAPPIST-1, di mana tiga diantaranya menunjukkan lokasi yang seharusnya dapat menampung air, sebagai penentu kehidupan.

“Ini membuat saya bertanya-tanya tentang jumlah maksimum planet layak huni yang mungkin dimiliki sebuah bintang dan mengapa bintang kita (Matahari) hanya memiliki satu planet layak huni (Bumi). Rasanya ini tidak adil,” kata Dr. Stephen Kane dari University of California.

Ilustrasi tata surya. Foto: Don Cloud di Pixabay

Para ilmuwan mengetahui dari pemodelan yang dibuat, yang menyebut planet-planet yang sudah berada di sekitar bintang lain, tidak dapat mendekatkan dengan planet lainnya terlalu dekat. Karena jika demikian, maka orbit tiap-tiap planet akan terganggu.

Namun, Kane tidak berpikir akan menjadi sebuah masalah bagi Bumi jika Venus sedikit jauh dari Matahari dan Mars sedikit lebih dekat. Sehingga, ia mulai memodelkan seberapa dekat jarak antar planet yang bisa dicapai sambil mempertahankan jarak yang sesuai.

Melansir IFL Science pada 7 Agustus 2020, Dr. Stephen Kane mengatakan, dalam sistem bintang yang ideal seharusnya ada tujuh planet yang bisa dihuni.

Untuk memiliki zona layak huni yang cukup besar dan bisa memuat tujuh planet dengan jarak aman, sebuah bintang harus berukuran 10-20 persen lebih besar dari Matahari.

Matahari dapat memuat enam planet non-interfering di zonanya sehingga membuat Kane bertanya-tanya mengapa tata surya tidak memiliki lebih banyak planet yang bisa dihuni.

Sistem tata surya
Sistem tata surya. Foto: WikiImages dari Pixabay

Dr. Stephen Kane berpikir, tata surya mungkin bisa mendapatkan empat atau lima planet layak huni jika saja Jupiter ukurannya tidak terlalu besar dan mengganggu orbit lainnya.

Dalam penelitian itu, para ilmuwan berharap studi tersebut mampu menunjukkan bahwa tanpa planet Jupiter, tata surya kita harusnya bisa memiliki lebih banyak planet dengan lokasi yang sesuai untuk mendukung kehidupan. (re2)

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close