Hobi

Mengenal lebih dekat teknologi antingantuk di Mitsubishi Eclipse Cross

Pengembangan teknologi keselamatan pada mobil memang bukan barang baru, ditengah perkembangan yang semakin pesat. Salah satu teknologi yang dikembnagkan yakni teknologi antingantuk yang disematkan pada Mitsubishi Eclipse Cross.

Salah satu kelebihan dari teknologi ini, menjamin pengemudi mendapatkan peringatan saat terjadi microsleep karena kelelahan saat mengemudi jarak jauh. Bahkan teknologi antingantuk ini bekerja berdasarkan sensor dan menjaga ketika pengemudi yang lengah akibat microsleep.

Muslima Fest

Saat terjadi microsleep pengemudi akan kehilangan beberapa detik pengendalian, yang berakibat bisamenabrak mobil di depannya. Namun dengan teknologi antingantuk ini sensor akan membaca objek mobil yang ada didepannya.

Mitsubishi Eclipse Cross
Mitsubishi Eclipse Cross Foto: MMKSI

Sistem kerja teknologi antingantuk di Mitsubishi Eclipse Cross

Teknologi dengan nama fitur ultra Mis Acceleration Mitigation System atau UMS bekerja melalui sensor radar yang terintegrasi secara otomatis. Sensor ini mengirimkan sinyal jika ada hambatan atau objek yang terdeteksi.

Sensor bekerja untuk menangkap objek baik di bagian depan maupun belakang, ketika sensor menangkap objek tersebut maka secara otomatis akan membatalkan akselerasi meski pengemudi menginjak pedal gas.

Output mesin juga akan secara otomatis dikontrol oleh UMS bila pengemudi secara tiba-tiba tanpa sadar menginjak pedal gas atau mempercepat kendaraan.

“Syarat UMS aktif itu bukan digas pelan-pelan. Bayangannya adalah seperti mau injak rem mendadak, panik, malah injak pedal gas, baru sensor itu bekerja,” jelas Head of Technical Service PT Mitsubishi Motors Krama Yudha, Boediarto.

Sistem kerja sensor tersebut membantu agar mobil tidak menabrak objek bagian depan. Kondisi tersebut sering sekali terjadi ketika pengemudi mengalami microsleep saat kantuk di perjalanan.

Mitsubishi Eclipse Cross
Mitsubishi Eclipse Cross Foto: MMKSI

Fitur Forward Collision Mitigation atau FCM

Teknologi lain yang juga terdapat pada Mitsubishi Eclipse Cross yakni Forward Collision Mitigation atau FCM. Fitur ini akan membantu pengemudi yang lengah dalam kondisi tertentu namun kecepatan kendaraan tinggi.

Dengan adanya fitur FCM ini, memungkinkan kecepatan kendaraan secara otomatis akan berkurang untuk menjaga jarak dari objek atau kendaraan lain yang berada di depannya.

Dalam kondisi ini, FCM akan melakukan peringatan dengan sinyal suara. Lebih lanjut, apabila pengemudi masih tidak merespon maka FCM akan memberikan sinyal suara ditambah perlambatan atau pengereman perlahan secara otomatis.

Mitsubishi Eclipse Cross
Mitsubishi Eclipse Cross Foto: MMKSI

Seluruh tekologi tersebut sangat membantu pengemudi yang melakukan perjalanan jauh, bahkan teknologi ini akan membantu pengemudi yang kelelahan dan terjadi microsleep yang sangat berisiko besar terjadi tabrakan maupun kecelakaan.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close