Hobi

Selain jaminan garansi, MG klaim teknologi mobil anti mati gaya di kabin

Strategi merebut hati konsumen otomotif di tanah air, tengah menjadi konsentrasi produsen Morris Garage (MG) dalam memasarkan produknya. Salah satu strateginya tak lain membombardir teknologi terbaru dan canggih pada jajaran produk mobil MG yang dipasarkan.

Celah ini dinilai menjadi salah satu cara yang pernah dilakukan produsen Wuling ketika masuk ke pasar otomotif Indonesia. Pandangan dan penilaian produsen asal Tiongkok ini sempat diragukan dan sering diterpa isu miring terkait kualitas produk.

Muslima Fest

Kesuksesan itulah yang kemudian membuat MG menduplikasi sistem pemasaran mobilnya dengan menawarkan berbagai teknologi yang justru tidak dimiliki pesaingnya, sebut saja mobil racikan Jepang. Bahkan teknologi yang disematkan pada MG justru banyak digunakan di jajaran mobil racikan Eropa seperti Mercy maupun BMW.

Teknologi mobil MG
Teknologi mobil MG Foto: MG

MG tawarkan teknologi mobil IOT

Perkembangan teknologi berbasis IoT pun tidak luput dari perhatian Morris Garage atau MG yang sejak beberapa tahun belakangan terus fokus berinovasi mengandalkan perkembangan teknologi pada portofolio globalnya. MG baru-baru ini menghadirkan MG Marvel R Electric, SUV elektrik yang akan mengguncang segmen EV di pasar Eropa dengan desainnya yang memukau dan memiliki banyak fitur canggih, termasuk sistem bantu mengemudi MG Pilot ADAS dan sistem konektivitas MG i-SMART baru dengan layar sentuh berukuran 19,4 inci.

 Dengan internet di dalamnya, teknologi MG i-SMART di mobil-mobil MG, termasuk Marvel R Electric ini, menjanjikan pengalaman berkendara yang aman dan menyenangkan. Di sisi lain, MG pun terus mengembangkan rencana produknya dengan menyematkan teknologi canggih nan megah melalui mobil konsep. Yang teranyar, MG Cyberster, memanfaatkan teknologi IoT dan sukses menghadirkan konektivitas 5G di dalam kabinnya sehingga para pengendara dapat menikmati tidak hanya gaming, tetapi kegiatan dan konektivitas berbasis internet lainnya dengan lebih lancar.

Dengan berkembangnya internet dan teknologi, muncul istilah Internet of Things (IoT) yang mengacu pada berbagai perangkat fisik yang terhubung ke internet. Berdasarkan data yang dipaparkan oleh Statista, jumlah perangkat Internet of Things (IoT) di seluruh dunia pada tahun 2030 diperkirakan akan meningkat hampir tiga kali lipat dari dari tahun 2020 menjadi lebih dari 25,4 miliar perangkat IoT. Industri otomotif disebut sebagai salah satu pasar dengan pertumbuhan tercepat untuk perangkat berbasis IoT.

Teknologi mobil MG
Teknologi mobil MG Foto: MG

Arief Syarifudin, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia mengatakan, “Melihat pesatnya perkembangan teknologi di dunia dan tingginya mobilitas saat ini, kami memahami bahwa sebagian besar pecinta otomotif membutuhkan sebuah mobil pintar yang terkoneksi dengan internet untuk menunjang aktivitas berkendara dan gaya hidup mereka. Sebagai merek yang selalu mengedepankan teknologi, MG menjawab kebutuhan tersebut melalui MG HS i-SMART yang memiliki beragam fitur canggih yang terkoneksi dengan internet sehingga para pengguna bisa mengontrol mobil mereka dari jarak jauh hanya dengan beberapa sentuhan di ponsel pintar mereka.”

Berkat adanya penggunaan teknologi IoT pada MG HS i-SMART, bepergian dengan meninggalkan mobil Anda di rumah untuk waktu yang cukup lama bukan lagi menjadi suatu hal yang mengkhawatirkan karena para pengguna tetap dapat memeriksa dan memelihara kondisi kendaraan mereka, sehingga kondisinya tetap aman di rumah.

Melalui fungsi Smart Check, para pengguna dapat mengandalkan aplikasi MG i-SMART untuk mengecek fitur-fitur esensial pada mobil, hingga menyalakan atau mematikan mesin dan AC mobil dari jarak jauh. Sementara untuk memastikan mobil aman di rumah, pengguna dapat mengaktifkan fitur Geo Fence untuk membatasi jarak pergerakan mobil dan memberikan peringatan melalui aplikasi apabila mobil telah melewati batas radius yang sudah ditentukan. Seluruhnya menjadi mungkin berkat teknologi berbasis IoT yang telah dikembangkan oleh MG.

Fungsi lain pada MG HS i-SMART yang memanfaatkan teknologi berbasis IoT adalah Smart Connect. Pengguna bisa mengakses lagu secara online langsung dari layar infotainment system di dalam mobil sehingga kegiatan berkendara akan terasa lebih menyenangkan. Selain itu, Smart Connect juga mengizinkan penggunanya mencari lokasi-lokasi penting yang ingin dituju seperti pusat perbelanjaan atau rumah sakit, serta melihat keadaan jalanan dan mengetahui informasi cuaca secara real time, sehingga mereka tidak harus melakukannya melalui ponsel pintar mereka saat sedang berkendara.

Teknologi mobil MG
Teknologi mobil MG Foto: MG

Dengan demikian, teknologi IoT pada MG HS i-SMART juga turut berkontribusi dalam menciptakan pengalaman berkendara yang lebih aman. Salah satu kecanggihan dari pentingnya integrasi teknologi IoT ini memungkinkan para pengguna MG HS i-SMART untuk terus memperbarui firmware mereka menggunakan koneksi internet via Firmware Over the Air (FOTA).

Teknologi IoT akan terus merevolusi industri otomotif, meningkatkan fungsionalitas sebuah mobil, hingga mengubah kebiasaan berkendara para penggunanya. Implementasinya juga telah membawa perubahan besar pada kendaraan dari segi keamanan, kenyamanan, dan gaya hidup yang semakin terhubung. Ke depannya, MG, didukung oleh tim teknisi dan desainer handal yang berpusat di London, Inggris akan terus berinovasi sejalan dengan kecanggihan teknologi yang juga terus berkembang guna mendukung perubahan industri otomotif dunia ke arah yang lebih modern, canggih, dan aman.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close