Hobi

Teknologi yang bikin pamor Mitsubishi melejit hingga kini

Teknologi menjadi salah satu keunggulan yang pastinya dimiliki semua produsen otomotif saat ini. Tak terkecuai, Mitsubishi yang memiliki teknologi MIVEC yang dikenal para pecinta kecepatan memiliki keunggulan berbeda dibanding teknologi bukan tutup valve yang dimiliki produsen otomotif lain.

Tak dapat dipungkiri, Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system (MIVEC) telah menjadi teknologi andalan Mitsubishi yang terdapat di banyak jajaran model mobil yang dipasarkannya diseluruh dunia tak terkecuali Indonesia.

Secara teknis Mtsubisihi Motor Corporation telah mengembangkan teknologi ini secara cermat, dimana Mivec mampu mengatur kinerja waktu (valve timing) dan besarnya bukaan katup udara dalam mesin (valve lift) dengan tujuan menghasilkan tenaga besar, konsumsi bahan bakar efisien, dan emisi gas buang yang rendah.

Mesin berteknologi Mivec Foto: tacra’s garage

Hasil pengembangan teknologi ini pertama kali digunakan Mitsubishi sejak tahun 1992, dan ditanamkan pertama kalinya pada Mitsubishi Mirage. Ditengah persaingan ketat, Mitsubishi berinovasi dengan menambahkan sejumlah perangkat tambahan menjadi mesin All New MIVEC yang mengendalikan intake valve timing (waktu bukaan katup udara masuk) dan besarnya valve lift pada waktu yang sama, sepanjang waktu.

“Mesin MIVEC yang disematkan pada kendaraan Mitsubishi Motors memiliki teknologi yang tidak hanya mengoptimalkan performa tenaga mesin, namun juga memperhitungkan tingkat konsumsi bahan bakar dan gas buang yang efisien sekaligus juga memperhatikan keberlangsungan lingkungan,” ungkap Guntur Harling, Group Head of Product Strategy Division PT MMKSI.

Baca juga: Begini jadinya kalo mobil listrik masuk SPBU untuk isi bensin

Pengembangan teknologi yang lebih modern pada Mivec terjadi pada tahun 2011, yakni all new MIVEC SOHC 16 Valve (4J1 model), kinerja mesin memiliki keunggulan mampu menyesuaikan volume udara yang masuk melalui mekanisme pengaturan valve timing dan valve lift serta bukaan throttle valve.

Mesin Mitsubishi berteknologi Mivec Foto: Mitsubishi

Mesin jenis 4J1 model ini juga telah mengurangi konsumsi bahan bakar dengan peningkatan stabilitas pembakaran melalui optimalisasi struktur ruang bakar dan pengurangan gesekan melalui optimalisasi struktur piston.

Mitsubishi Motors juga mengembangkan seri mesin MIVEC DOHC 16-valve Engine (4B1) yang digunakan pada Mitsubishi Outlander dan Delica D:5 serta model Galant Fortis menggunakan sistem Mivec yang secara kontinu dan optimal mengontrol valve timing & valve lift pada intake dan exhaust valve sesuai dengan putaran mesin.

Tak berhenti disitu, Mitsubishi kembali melakukan pengembangan mesin 4B11 MIVEC twin-scroll turbo engine  Mesin ini memiliki keunggulan lebih lanjut dengan peningkatan respons jauh dibandingkan dengan model 4G63 konvensional. Output maksimumnya adalah 221kW (300PS) / 6,500rpm dan torsi maksimumnya adalah 422Nm (43,0kgf ・ m) / 3,500rpm (untuk pasar Jepang).

Teknologi mesin Mivec Foto: Mitsubishi

Hingga kini Mitsubishi tetap konsisten menggunakan teknologi Mivec dan yang terbaru tersemat pada kendaraan Xpander. mesin 4A91 MIVEC 1.5L DOHC 16 Valve yang memiliki tenaga hingga 104PS/6,000rpm dengan torsi maksimum 141Nm/4,000rpm. Serta Outlander sport bermesin 4B11 16 Valve MIVEC DOHC berkapasitas 2,000 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 150PS/ 6,000rpm juga torsi maksimum 20.1 (197 Nm) / 4,200rpm.

Teknologi Mivec milik Mitsubishi tak hanya disematkan pada model mesin bensin namun dipakai pada jajaran mesin diesel yang diluncurkan Mitsubishi pada jajaran produknya. Selain tangguh di teknologi Mivec, Mitsubishi kini juga telah mengembangkan teknologi motor listrik yang menjadi trend di industri otomotif global.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close