Hobi

Mengenal teknologi baru VVT Harley Davidson, untuk hemat BBM?

Produsen Harley Davidson baru saja melakukan pergantian pimpinan, Matt Levatich yang telah mengundurkan diri digantikan oleh Jochen Zeitz sebagai CEO Harley Davidson. Gebrakan baru langsung dilakukan Zeitz dengan memperkenalkan teknologi baru yakni VVT pada model moge Harley terbarunya bukan untuk hemat bbm.

Secara fungsi teknologi VVT (variable valve timing) memang memiliki kinerja yang sama dan banyak digunakan oleh produsen mobil. Sistem kerja buka tutup katup yang menjadi inti dari teknologi ini, menjadi pilihan produsen Harley dalam menciptakan motor yang lebih baik dibanding model yang dipasarkan saat ini.

Baca juga: Ferrari 360 Modena mobil yang tak layak disebut supercar, simak alasannya

Nantinya teknologi VVT akan mendukung kinerja mesin V-twin yang masih tetap digunakan pada model Harley kapasitas besar. Sistem buka tutup yang saat ini masih dalam proses pengajuan paten tersebut, menjadi solusi bagi produsen motor Amerika Serikat dalam memenuhi regulasi emisi yang saat ini telah mencapai euro 5.

Gambar paten mesin V Twin Harley Davidson
Gambar paten mesin V Twin Harley Davidson Foto: Motosaigon

Dari gambar paten seperti dilansir Motosaigon, dapat dilihat bahwa mesin V-Twin Harley berpendingin udara yang dikenal, bersama dengan kehadiran sistem katup variabel VVT memungkinkan mobil beroperasi lebih stabil, pada saat yang sama membantu memenuhi arus standar emisi Euro5 yang ketat.

Pengoperasian sistem katup variabel VVT relatif kompleks, terutama bila dikombinasikan dengan mesin Harley-Davidson V-Twin klasik. Selain itu, beberapa sistem VVT sering dikenal untuk membantu meningkatkan tenaga dan torsi mesin.

Namun, dari paten yang diajukan produsen Harley memperlihatkan bahwa system kerja teknologi VVT tersebut tidak memiliki fungsi menghemat bahan bakar seperti teknologi VVT yang banyak digunakan di mobil.

Gamber paten sistem katup mesin V twin Harley Davidson
Gamber paten sistem katup mesin V twin Harley Davidson Foto: Motosaigon

Fungsi utama penggunaan VVT pada motor Harley Davidson yakni memberikan emisi yang lebih baik dengan standar euro 5. Teknologi ini sebagai inovasi motor Harley Davidson yang akan menjawab tantangan regulasi banyak negara khususnya Eropa terkait standar emisi kendaraan.

Harley Davidson sebelumnya pernah mengungkap terkendala pada teknologi mesin yang tidak mampu memenuhi regulasi emisi kendaraan. Namun di bawah Zeitz, Harley membuktikan kemampuannya untuk memenuhi regulasi melalui teknologi VVT.

Dengan demikian, penambahan sistem katup variabel VVT pada blok mesin V-Twin tradisional akan membantu lini produk lama Harley-Davidson memenuhi standar Euro5 dan terus sesuai untuk sirkulasi di pasar.

Ga,mbar paten telnologi VVT Harley Davidson
Ga,mbar paten telnologi VVT Harley Davidson Foto: Motosaigon

Rencananya Harley Davidson akan mulai menggunakan teknologi VVT ini pada model terbarunya yang akan diluncurkan tahun depan. Namun belum ada informasi terkait model motor mana yang akan menggunakan teknologi VVT terbaru.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close