Sains

Telkomsel lapor polisi, Denny Siregar: Nah gini bagus sedap-sedap ngeri

Perkembangan insiden data pribadi Denny Siregar bocor kini sampai pada aparat penegak hukum. Sebagai pelanggan Telkomsel, Denny Siregar gusar dengan bocornya data pribadinya di media sosial. Merespons hal tersebut, Telkomsel telah melaporkan kasus data bocor Denny Siregar ke Bareskrim Polri.

Dalam pernyataannya resminya, Telkomsel menegaskan komitmen perusahaan dalam melindungi data pelanggan mereka. Kasus data bocor pelanggan mereka akan direspons dengan serius.

Baca juga: Capres Korsel tewas sehari setelah laporan pelecehan seksual

Telkomsel menyatakan pelaporan kasus ini ke polisi sesuai dengan arahan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika yang meminta investigasi kasus data bocor pelanggan telekomunikasi.

Prihatin Denny Siregar

Booth Telkomsel
Booth Telkomsel. Foto Instagram @proboothdesign

Telkomsel menyatakan prihatin dengan data bocor yang menimpa Denny Siregar. Telkomsel menyatakan berkomitmen untuk memberikan perhatian serius untuk memastikan penanganan keluhan tersebut secara terbuka dan tuntas.

“Kami sangat menyayangkan ketidaknyamanan saudara Denny Siregar sebagai pelanggan atas keluhan yang disampaikan terkait adanya dugaan penyalahgunaan data pelanggan,” tulis Telkomsel dikutip Jumat 10 Juli 2020.

Sudah laporkan ke polisi

Operator telekomunikasi BUMN itu menyatakan sudah melaporkan kasus data bocor Denny Siregar pada aparat penegak hukum melalui Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri pada 8 Juli 2020.

Setelah melaporkan, provider telekomunikasi itu siap bekerja sama dengan aparat kapan pun diminta.

“Saat ini, kami terus melakukan koordinasi secara intensif dengan aparat penegak hukum, guna membantu kelancaran proses lanjutan atas pelaporan yang telah diajukan, serta mempercayakan sepenuhnya pada proses hukum yang sudah berjalan, sesuai aturan yang berlaku,” jelas Telkomsel.

Komitmen keamanan informasi

Telkomsel menyatakan selalu patuh terhadap peraturan perundangan dan etika bisnis, yang mengacu pada standar teknis dan keamanan yang telah ditentukan bagi kepentingan penyelenggaraan jasa telekomunikasi komersial yang ditetapkan oleh lembaga standarisasi internasional (ITU, GSMA) maupun regulasi yang berlaku.

Mengenai keamanan informasi, provider ini juga memastikan operasional perusahaan telah berjalan sesuai dengn standar sertifikasi ISO 27001, yang mana proses sertifikasi secara berkala ini dilakukan oleh lembaga internasional yang independen dan profesional.

Tanggapan Denny Siregar

Pegiat media sosial Denny Siregar. Foto: Suara.
Pegiat media sosial Denny Siregar. Foto: Suara.

Atas langkah pelaporan polisi oleh Telkomsel, Denny mengapresiasinya. Menurutnya langkah investigasi melalui aparat penegak hukum akan membuka apa yang terjadi sebenanrnya kok bisa data pribadinya ke publik.

“Nah, gini. Bagus. Biar enak dan terbuka apakah ada masalah di sistem @Telkomsel atau tidak,” kata dia di postingan Twitter.

Menurutnya kini investigasi sebaiknya diserahkan kepada aparat Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri. Denny meyakini aparat tersebut mampu membongkar oknum yang membocorkan data pribadinya.

“Biar @CCICPolri yang menentukan dengan masuk ke dalam sistem. Dan gua sebagai korban juga akan ikut melaporkan. Sampai ketemu, teman-teman,” tulis Denny.

Respons postingan atas laporan polisi Telkomsel itu mendapat tanggapan dari warganet. Ada yang menilai kasus ini bakal membuka siapa aktor dan dibilang ngeri-ngeri sedap. Denny pun membalas dengan balasan: “Sedap-sedap ngeri.”

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
X
Close