Trending

Tepis anggapan semua agama benar, Ace Golkar: Islam ajaran terbaik

Pernyataan Letjen TNI Dudung Abdurachman yang mengatakan semua agama benar di mata Tuhan ramai dikomentari rakyat, politisi, dan sejumlah tokoh lain. Sebagian setuju dengan pernyataan tersebut, namun tak sedikit yang merisaknya.

Ketua Komisi VIII DPR RI dari Partai Golkar, Ace Hasan Saydzili merupakan salah satu pihak yang tak setuju dengan kalimat ‘semua agama benar di mata Tuhan’. Sebab, menurutnya, setiap penganut kepercayaan memiliki akidahnya masing-masing. Sejauh ini yang menurutnya terbaik adalah Islam.

“Apakah kita dalam beragama harus yakin dengan ajaran Agama yang kita anut? Jelas kita harus yakin, karena pertama kali dalam Islam itu adalah keyakinan, akidah. Saya beragama Islam karena yakin bahwa ajaran yang dibawa Nabi Muhammad merupakan ajaran terbaik,” ujar Ace Hasan Saydzili dikutip Jumat 17 September 2021.

Pangkostrad Mayjen TNI Dudung Abdurachman. Foto: Ist
Pangkostrad Mayjen TNI Dudung Abdurachman. Foto: Ist

Lebih jauh, Ace mengaku heran, bagaimana mungkin semua agama dinyatakan sama dan benar, sementara konsep ketuhanan, kenabian, dan ritualnya saja saling berbeda-beda?

“Apakah ajaran Agama lain itu sama di mata saya? Ya tidak. Mereka punya konsep sendiri tentang Tuhan, kenabian, ritual, sembahyang, dan jalan kehidupan sesuai dengan ajarannya,” terangnya.

Agama berbeda-beda, tapi manusia harus bersatu

Namun, dia mengingatkan, dengan perbedaan agama yang ada, bukan berarti membuat para pemeluk agama saling membenci dan berperang.

“Kita harus hormati perbedaan itu. Biarkan mereka hidup dalam keragaman,” tegasnya.

Ilustrasi umat Islam melaksanakan ibadah. Foto: Rawpixel
Ilustrasi umat Islam melaksanakan ibadah. Foto: Rawpixel

Bekas juru bicara TKN Jokowi-Maruf ini menilai, yang patut menjadi renungan dalam beragama adalah soal bagaimana menggali nilai-nilai ajaran dan menempatkan kepercayaan sehingga dapat membawa rahmat bagi semesta alam (rahmat lil alamin).

“Saya ingin menggarisbawahi soal kita menggali nilai-nilai agama. Benar bahwa kita harus meyakini kebenaran agama kita anut, namun soal mempelajari ajaran agama, kita harus memiliki sikap yang terbuka untuk menerima kebenaran-kebenaran yang lain” kata Ace.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close