Unik

Ternyata ada maknanya di KBBI, pengertian julid adalah…

Julid adalah salah satu istilah yang cukup populer belakangan ini. Semua kalangan, termasuk anak muda menggunakan istilah ini ketika menilai seseorang yang sedang membicarakan orang lain. Rupanya, makna julid ada di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) lho. Tak cuma julid, beberapa kata kekinian juga dijelaskan dalam KBBI. Apa saja? Simak ulasan berikut.

Julid adalah…

Istilah julid mulai populer setelah penyanyi papan atas, Syahrini mengutarakannya saat menanggapi netizen yang berkomentar miring tentang penampilan mewahnya. Netizen itu memberikan komentar terhadap gaya hidup Syahrini yang sering bepergian ke luar negeri hingga naik pesawat jet pribadi. Oleh karena itu, Syahrini geram dan menyebut netizen itu julid seperti dilansir dari https://wolipop.detik.com/.

Sumber: Twitter

Masyarakat lantas menggunakan istilah julid pada seseorang yang berkomentar miring tentang orang lain. Dalam KBBI sendiri, julid adalah iri dan dangki dengan keberhasilan orang lain, biasanya dilakukan dengan menulis komentar, status, atau pendapat di media sosial yang menyudutkan orang tertentu.

Pansos

Tak hanya julid, ada juga istilah pansos yang terdaftar dalam KBBI. Pansos biasanya digunakan seseorang untuk menilai orang lain yang dianggap hanya ingin mencari popularitas dengan muncul di depan publik. Orang yang sering disebut pansos biasanya suka cari perhatian di media sosial dan sering diartikan sebagai perilaku negatif. Banyak yang menyebut kalau pansos sendiri singkatan dari panjat sosial.

Di KBBI, pansos diartikan sebagai usaha yang dilakukan untuk mencitrakan diri sebagai orang yang mempunyai status sosial tinggi, dilakukan dengan cara mengunggah foto, tulisan dan sebagainya di media sosial.

Sumber: Tribunnews

Mager

Istilah mager juga sering digunakan anak muda belakangan ini. Mager sendiri merupakan singkatan dari males gerak. Biasanya, istilah ini digunakan saat seseorang malas bepergian dengan temannya yang mengajak jalan. Dalam KBBI sendiri, mager adalah kata kerja yang menunjukkan enggan atau sedang tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas.

Cie

Ada lagi kata kekinian yang sering digunakan anak muda, yakni cie. Biasanya, istilah ini digunakan untuk menggoda seseorang hingga menunjukkan rasa cemburu. Pasalnya, ada juga yang mengartikan kata ‘cie’ sebagai singkatan dari ’cause I’m envy’ ‘(karena saya cemburu). Di KBBI sendiri, cie diartikan sebagai kata seru yang digunakan untuk memuji atau menggoda orang lain agar tersipu.

Ambyar

Istilah ambyar mulai populer setelah mendegarkan lagu-lagu mendiang Didi Kempot. Ada juga istlah ‘sobat ambyar’ sebagai panggilan para penggemar mendiang Didi Kempot. Biasanya ambar diartikan sebagai rasa kecewa dan kesedihan karena kehilangan orang yang dicinta. Dalam KBBI, ambyar adalah bercerai-berai; berpisah-pisah; tidak terkonsentrasi lagi.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close