Trending

Ternyata sempat ada tugu PKI tersebar di Surabaya sampai Jakarta

Ketika berada di masa kejayaannya, PKI ternyata pernah mendirikan beberapa buah tugu di sejumlah kota besar di Indonesia, beberapa berada di Surabaya dan Jakarta.

Partai Komunis Indonesia alias PKI merupakan salah satu partai yang pernah menguasai dunia perpolitikan di Indonesia.

Baca juga: Biar keren, pria ini rela modif wajah dengan ratusan juta, sampai iris telinga

Meski keberadaannya telah dilarang, bahkan simbol-simbol yang berbau PKI pun sudah diberantas habis. Tak bisa dipungkuri, PKI pernah hadir sebagai koalisi yang ikut memeriahkan carut marutnya dinamika pemerintahan di Indonesia.

Kala itu di awal tahun 1960-an, PKI sedang berada di puncaknya. Ia berhasil memengaruhi sejumlah golongan di hampir seluruh daerah-daerah di Tanah Air. Mayoritas dari kader dan pengikutnya berasal dari kaum buruh dan para petani.

Oleh sebab itu, tak heran apabila pada masanya tugu-tugu berbentuk palu dan arit sebagai pelambangan PKI pernah berdiri tegak di sejumlah kota di Indonesia.

Menyadur dari Historia.id, pada masa kejayaan PKI, tepatnya ketika menyambut ulang tahun partai ke-45 yang jatuh pada 23 Mei 1965, surat kabar legendaris Harian Rakjat pernah memuat sejumlah foto yang mempublikasikan kemeriahan penyambutan hari bersejarah partai komunis tersebut.

Salah satu yang paling ikonik adalah berdirinya sebuah tugu PKI. Koran Harian Rakjat yang terbit di antara bulan Mei hingga Juni 1965 sempat mengabadikan momen tersebut.

Nah, ini dia deretan kota-kota di Indonesia yang pernah didirikan tugu palu arit khas PKI:

Surabaya

Tugu PKI di Surabaya. Foto: Harian Rakjat via Historia
Tugu PKI di Surabaya. Foto: Harian Rakjat via Historia

Di kota yang dijuluki sebagai Kota Pahlawan ini pada masanya pernah berdiri sebuah tugu palu arit yang lumayan besar.

Berdasarkan penuturan Harian Rakjat yang terbit pada 10 Juni 1965, di dekat tugu tersebut pernah dijadikan sebuah panggung yang difungsikan sebagai podium dalam rapat umum HUT ke-45 PKI.

Terlihat dalam foto itu, Wakil Ketua II CC PKI, Njoto sedang berorasi di hadapan masyarakat yang turut memeriahkan rapat umum partai komunis tersebut.

Di perbatasan Jawa Tengah – Jawa Barat

Tugu PKI di Losari. Foto: Harian Rakjat via Historia
Tugu PKI di Losari. Foto: Harian Rakjat via Historia

Partai yang kerap disebut sebagai kelompok kiri ini pernah mendirikan bukti tonggak kejayaannya di sekitar perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat, tepatnya di Losari.

Diketahui, tugu yang bentuknya menyerupai obor pada acara olahraga ini merupakan tugu yang menjadi jalur estafet panji-panji PKI dari Pulau Dewata, Denpasar (Bali).

Medan

Tugu PKI di Medan. Foto: Harian Rakjat via Historia
Tugu PKI di Medan. Foto: Harian Rakjat via Historia

Berbeda dari tugu-tugu sebelumnya, tugu PKI di Medan dibuat lebih besar. Pondasi di bawah patung palu arit dirancang sedemikian rupa sehingga menyerupai sebuah benteng.

Dalam sebuah keterangan yang dimuat Harian Rakjat, menjelaskan bahwa pada tanggal 30 Mei 1965, terdapat sekitar 15.000 massa yang hadir memenuhi rapat raksasa yang diadakan oleh PKI dalam rangka HUT Ke-45.

Masyarakat di Medan tumpah ruah memadati sudut-sudut di alun-alun Merdeka Medan mendengarkan pidato pidato Ketua Delegasi PB Vietnam Le Duc Tho dan salah satu anggota Politbiro/Kepala Sekretariat CC PKI, Sudisman.

Palembang

Tugu PKI di Palembang. Foto: Harian Rakjat via Historia
Tugu PKI di Palembang. Foto: Harian Rakjat via Historia

Di kota yang terkenal sebagai penghasil makanan pempek ini, pernah berdiri dua buah tugu PKI. Pada tugu pertama, melambangkan simbol palu arit, tugu ini berdiri gagah di Jalan Jendral Sudirman, Palembang.

Tugu PKI di Palembang. Foto: Harian Rakjat via Historia
Tugu PKI di Palembang. Foto: Harian Rakjat via Historia

Lalu di tugu yang kedua, secara kasat mata hanya menggambarkan seorang pria sedang mengemudikan stir kapal. Di pondasi patung itu barulah terdapat logo khas PKI.

Patung yang memiliki filosofi tinggi ini berada di depan Masjid Agung Palembang.

Jakarta

Tugu PKI di Jakarta. Foto: Harian Rakjat via Historia
Tugu PKI di Jakarta. Foto: Harian Rakjat via Historia

Tak hanya di kota-kota lain, di pusat pemerintahan Ibu Kota negara Republik Indonesia, Jakarta, pernah didirikan pula sebuah tugu yang gagah menjulang tinggi. Tugu palu arit raksasa ini didirikan di perapatan jalan Cililitan, Jakarta Timur.

“Begitu kita memasuki Kota Djakarta dari arah selatan, kita akan disambut oleh tugu raksasa yang menjulang tinggi yang di puncaknya palu arit besar berdiri teguh. Bandingkan orang yang berdiri di bawah dengan tinggi tugu itu. Tugu ini terdapat di perapatan jalan Cililitan.” tulis Harian Rakjat.

Meski terlihat samar, dalam foto tersebut terdapat seseorang yang sedang berdiri di bawahnya. Jika dibandingkan tinggi orang itu, maka bisa dikatakan tugu tersebut memiliki postur tinggi yang menjulang ke atas. (CTH)

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close