Unik

Terungkap! Bukan buat nasabah ternyata ini alasan utama AC di ATM nyala terus

Bagi sebagian orang, mungkin tak menyadari sejumlah hal sepele yang terdapat di ruang mesin ATM ketika mengambil uang. Namun ternyata ada fakta unik yang terungkap, yakni alasan utama di balik AC ruangan ATM yang menyala terus.

Seperti kita ketahui, Air Conditioner alias AC biasanya digunakan untuk mendinginkan udara di sekitar ruangan.

Nah, kalian pernah berpikir enggak sih alasan mengapa AC di ruangan ATM selalu dingin dan tak pernah mati? Ternyata ada penjelasannya lho HOPERS.

Seorang warganet pengguna jejaring media sosial TikTok bernama Virga Aditya mengulas alasan unik terkait AC di ruangan ATM yang menyala terus.

Melalui akun @virgaaditya ia mengunggah sebuah video singkat yang menjelaskan permasalahan tersebut.

“Kenapa AC di ATM menyala selama 24 jam?,” tulis si kreator dalam captionnya.

Bukan buat nasabah ternyata ini alasan utama AC di ATM nyala terus. Foto: TikTok, Pexels
Konten Virga Aditya. Foto: TikTok

Dalam video yang diunggah oleh si kreator, awalnya ia bertanya kepada warganet di TikTok yang menonton konten miliknya.

“Guys kalian pernah enggak sih kepikiran kenapa AC di ruangan ATM menyala terus selama 24 jam? Kan waktu malam hari enggak ada orang yang kepanasan. Ternyata berikut adalah rahasia kenapa AC di ATM dinyalakan 24 jam,” ujar Virga.

Kemudian Virga menjelaskan bahwa sebenarnya AC di ruangan itu bukan diperuntukkan untuk nasabah. Sebagai contoh, saat malam hari saja ketika hanya sedikit nasabah yang mendatangi mesin ATM, AC di ruangan tersebut tetap dinyalakan. Bahkan sekalipun tak ada nasabah sama sekali yang mendatanginya.

“Faktanya AC di ruangan ATM bukan buat nasabah lho. Hampir semua ruangan ATM menghidupkan AC selama 24 jam penuh, sementara sangat jarang terlihat antrian di ruangan ATM pada tengah malam hingga menjelang shubuh,” katanya.

Ilustrasi ATM. Foto: Pixabay
Ilustrasi ATM. Foto: Pixabay

Ternyata begini penjelasannya versi si kreator yang informasinya didapat dari Quora. Diketahui, mesin Anjungan Tunai Mandiri alias ATM merupakan perangkat komputer yang berfungsi menyambungkan data nasabah ke pusat data bank ketika melakukan sebuah transaksi.

Selain itu fungsi ATM yang perlu diperhatikan adalah kinerja mekanis yang digunakan untuk menghitung lembaan uang.

Oleh sebabnya, perangkat mesin ATM sangat memerlukan udara sejuk atau dingin yang digunakan untuk menghindari adanya kondensasi udara akibat perubahan temperatur yang siginfikan.

Bukan buat nasabah ternyata ini alasan utama AC di ATM nyala terus. Foto: TikTok
Konten Virga Aditya. Foto: TikTok

Dengan demikian artinya, AC di ruangan ATM diperlukan untuk membantu kinerja dari perangkat komputer yang ada di mesin ATM.

“Unit ATM tentunya adalah komputer untuk menyambungkan data nasabah ke pusat data bank, ada juga sistem mekanis perhitungan lembarang uang, maka dari itu dipasang pendingin ruangan di ATM untuk menghindari kondensasi udara akibat perubahan temperatur yang drastis dari siang hingga malam hari. Hal itu juga dipakai menjaga temperatur agar peralatan bekerja dengan baik,” imbuh si kreator.

Meski terdengar sepele, konten milik kreator Virga Aditya ini viral dan telah ditonton sebanyak 1,3 juta kali. Walhasil video itu pun mendapat tanggapan dari warganet.

“Kalau di Indomaret emang dinyalain terus kalau tutup?,” balas akun kangsadboi.

“Dulu Indomaret tempat gue kerja ACnya rusak pansa gitu, terus emang ATMnya error mulu,” ujar akun Vio.

“Gue masuk ke ruangan ATM yang udah berair kacanya bertahan cuman satu jam,” imbuh akun devilboy.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close