News

Kabar baik tes Covid-19 cuma 5 menit, akurat!

Kabar baik dari Singapura dalam penanganan pandemi virus corona atau Covid-19. Profesor Jackie Ying yang mengepalai NanoBio Lab di Agency for Science, Technology and Research telah membuat alat rapid test Covid-19. Cukup 5 menit saja, akan ketahuan seseorang positif atau negatif Covid-19.

Tes 5 menit Coivid-19 dari tim Profesor Jackie Ying ini, jika disetujui otoritas kesehatan, akan menjadi tes tercepat Covid-19 di dunia.

Tim Jackie Ying berharap dalam sebulanan ke depan, alat tes mereka bisa disetujui otoritas kesehatan, supaya bisa segera diterapkan pada warga.

Begitu tes ini disetujui, teknologi akan dipakai untuk tes di rumah sakit-rumah sakit. Profesor Ying mengungkapkan, alat tes ini juga akan dipakai petugas medis.

Dikutip dari laman Straitstimes, Jumat 27 Maret 2020, tes ini bekerja dengan mencari material genetik dari Covid-19 di sekresi pasien yang dikumpulkan dari tes swab atau tenggorokan.

Baca juga: Ibu Jokowi wafat dihina, Abu Janda: Umat Islam atau umat setan?

Sampel dari tes ini kemudian diletakkan di perangkat portabel yang akan memberikan hasil positif atau negatif dalam kurun waktu 5 sampai 10 menit. Singkatnya hasil tes ini berkat metode pengamplifikasi yang ekstrim yang dinamakkan Cepat. Sesuai namanya bukan.

“Kami telah mencoba validasi klinis awal pada KK Women’s and Children’s Hospital menggunakan sampel pasien asli dan tes sangat sensitif dan akurat,” jelasnya.

Profesor Jackie Ying (berjilbab-tengah). Foto Straitstimes

Tes Profesor Ying dan tim ini merupakan metode baru untuk mengamplifikasi spesifik DNA/RNA pada suhu yang tunggal.

Mirip dengan tes PCR, metode tes temuan Peofesor Ying bisa menyalin material genetik dari jutaan kali virus. Bedanya, metode baru Profesor Ying ini bisa mencapai tingkat jutaan salinan dalam hitungan menit saja.

Pandemi Covid-19 ini telah membuat 199 negara di dunia pusing. Semuanya repot dengan teror pandemi ini. Untuk itu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) tak bosan-bosan mengingatkan kepada negara dan pemerintah dunia untuk tes, tes dan tes pasien, supaya sedini mungkin bisa ditanggulangi dan diisolasi, sebelum menjadi masalah dengan menyebar lebih luas ke berbagai wilayah. Menarik kita nantikan semoga tes Covid-19 5 menit ini bisa segera dipakai massal.

Data per 27 Maret 2020, jumlah pasien positif Covid-19 di Singapura yaitu 683 pasien, 172 pasien telah sembuh dan 2 pasien meninggal dunia.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close