Trending

Sambil batuk dan bersuara serak, Abu Janda beri testimoni kena Covid varian baru: Bikin gak bisa mikir

Pegiat media sosial Permadi Arya atau kerap disapa Abu Janda muncul ke publik menceritakan pengalaman ngerinya terpapar Covid-19 varian baru.

Hal itu dibagikannya lewat kanal YouTube miliknya. Dalam video itu, Abu Janda nampak masih belum begitu sehat, karena masih diifus tangannya dan bercerita dengan suara yang serak.

Kata Abu Janda, varian baru virus corona yang terpapar pada dirinya bisa membuat tiga dampak sekaligus yang muncul secara bersamaan, yakni demam tinggi, menggigil kedinginan hebat dan batuk-batuk. Bahkan, Abu Janda mengaku sampai tidak bisa berpikir karena virus tersebut

“Tulang serasa remuk redam luluh lantak. Berdiri pun enggak bisa, mikir pun enggak bisa. Tenaga kita habis hanya untuk dipakai menahan serangannya seharian,” ujar Abu Janda dikutip Hops.ID pada Sabtu, 10 Juli 2021.

Abu Janda. Foto: YouTube Abu Janda Aktivis
Abu Janda ceritakan pengalaman kena Covid-19. Foto: YouTube Abu Janda Aktivis

Selain yang telah disebutkan di atas, Abu Janda mengatakan, yang paling parah adalah naik-turunnya rasa sakit yang dialami. Kata dia, terkadang badan bisa terasa lebih enak, dan lebih sehat. Namun tiba-tiba beberapa hari kemudian, bisa drop kembali.

“Aspek yang paling brutal yang saya rasakan adalah, PHP-nya, harapan palsunya. Karena setelah serangan itu lewat, kita akan merasa enak, sehari dua hari, kita pikir sudah minum obat-obatan yang tepat, kita pikir sudah menuju sehat. Namun tiba-tiba serangan itu datang lagi, tubuh drop lagi, kembali ke awal,” urai Abu Janda.

Hal itu, lanjutnya, terus berulang selama tujuh hari dirinya melakukan isolasi mandiri di rumah. Akhirnya, ia pun menyerah dan kemudian memutuskan untuk dirawat di rumah sakit.

Permadi arya alias Abu Janda
Permadi arya alias abu Janda. Foto: Antara

“Dan itu berulang di tujuh hari masa isoman (isolasi mandiri) saya di rumah. Enak, drop lagi, enak, drop lagi, benar-benar menghancurkan mental, benar-benar menghancurkan semangat untuk berjuang, makanya saya nyerah, dibawa ke UGD,” tuturnya.

Di penghujung videonya, Abu Janda berpesan kepada orang-orang agar untuk selalu menjaga diri dan kesehatan.

“Pesanku sama teman-teman semua, please, stay safe, stay safe,” pungkasnya.

Abu Janda sendiri dirawat di RS Mayapada, Jakarta Selatan sejak beberapa hari yang lalu, usai kondisinya kian melemah saat melakukan isolasi mandiri di rumah.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close