Hobi

Tidak ada lagi Donald Trump di Twitter untuk selamanya

Pengguna Twitter tidak akan lagi melihat Donald Trump bermain Twitter untuk selamanya, setelah perusahaan memastikan memblokir mantan Presiden AS itu secara permanen.

Hal itu disampaikan oleh CFO Twitter, Ned Segal dalam wawancara di Squawk Box, saat sidang pemakzulan Trump yang kedua. Dalam kesempatan itu, Segal membuat pernyataan yang menyebut tentang bagaimana perusahaan akan memblokir akun Twitter Trump dalam jangka panjang.

Bahkan, kata Segal, Trump tidak akan lagi mendapatkan izin untuk membuat akun Twitter, sekalipun ia nanti mencalonkan diri lagi menjadi Capres AS.

Presiden AS Donald Trump. Foto: CNP-Mega
Mantan Presiden AS Donald Trump. Foto: CNP-Mega

“Cara kerja kebijakan kami adalah saat Anda dihapus dari platform, ya Anda dihapus benar-benar dari platform, tak peduli apakah Anda seorang komentator, CFO, atau mantan atau pejabat publik saat ini,” kata Segal dilansir Hops.ID dari laman TechCrunch, Kamis 11 Februari 2021.

“Kebijakan kami dirancang untuk memastikan bahwa orang tidak menghasut kekerasan, dan jika ada yang melakukan itu, kami harus menghapus mereka dari layanan dan kebijakan kami tidak mengizinkan orang untuk kembali,” imbuhnya.

Twitter memblokir akun Donald Trump sejak sekitar satu bulan yang lalu. Pemblokiran itu dilakukan Twitter dengan alasan kekhawatiran tentang ‘risiko hasutan kekerasan lebih lanjut’.

Trump disebut memiliki peranan besar dalam serangan yang dilakukan oleh pendukungnya ke Gedung Capitol AS pada awal Januari lalu.

Pendukung Donald Trump serbu Gedung Capitol
Pendukung Donald Trump serbu Gedung Capitol. Foto Antara/Reuters/Shannon Stapleton/tm

Dalam keterangan lebih lanjut, Twitter menerbitkan penilaian yang menyebut bahwa cuitan Trump lah yang menyebabkan penangguhan akunnya. Dua dari tweetnya usai penyerangan dinilai Twitter berpotensi menghasut kekerasan dalam konteks peristiwa minggu itu.

Tak lama usai penyerangan tersebut, akun Trump ditangguhkan. Guna mengakali itu, ia sempat mencuit lewat akun @POTUS dan akun Twitter lainnya.

Seperti diketahui, Donald Trump merupakan pengguna Twitter yang sangat aktif. Trump menggunakan media sosial tersebut pada masa kampanye juga saat ia menjabat presiden AS. Bahkan, saat ia menjabat sebagai presiden, Trump acap mengeluarkan pernyataan-pernyataan yang kontroversial dan membuat dunia geram.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close