Hobi

Tinggalkan TV analogmu, mari nonton TV digital bersamaku: Cek caranya!

Tahap pertama penghentian siaran TV analog oleh Kominfo sebentar lagi, tepatnya pada tanggal 17 Agustus 2021. Siap-siap harus ganti TV digital nih. Bagaimana caranya? Cek artikel berikut.

Diketahui TV analog ini sudah mengudara selama 60 tahun di Indonesia, loh! Migrasi yang dilakukan menuju TV digital tentu saja mempunyai banyak keuntungan, seperti lebih jernih dalam kualitas gambar dan suara.

Tahap pertama penghentian siaran TV analog yang dimulai tepat pada hari kemerdekaan Indonesia akan terjadi di 6 wilayah yang terdiri dari 15 kota dan kabupaten. Diantaranya ada Kota Banda Aceh, Kabupaten Karimun, Kota Cilegon, dan Kota Bontang.

Televisi. Foto: Pinterest
Televisi. Foto: Pinterest

Kamu bisa cek jadwal penghentian siaran TV analog di wilayahmu pada situs milik Kominfo di sini.

Nah, untuk kamu yang berada di wilayah tahap pertama penghentian dan masih menggunakan TV analog, jangan buru-buru untuk beli TV baru. Berikut Hops rangkum caranya agar TV analogmu bisa disulap jadi TV digital.

Cara nonton TV digital

Sebelum mengetahui caranya, ada baiknya menyamakan persepi terlebih dahulu. Dilansir dari STMIK Banjarbaru, TV digital bukan televisinya yang digital melainkan lebih kepada sinyal yang dikirimkan.

Maka dari itu, kamu tidak perlu buru-buru ganti TV karena masih bisa digunakan, kok.

Jadi, sebenarnya ada beberapa televisi yang sudah bisa menangkap sinyal digital. Jika televisi kamu sudah bisa menerima sinyal DVB-T2 maka artinya kamu tinggal sambungkan ke antena dalam atau luar rumah untuk nonton siaran digital yang lebih baik.

Lalu, untuk TV tabung atau TV flat analog yang belum bisa menerima sinyal digital, kamu perlu memasangkan decoder Set Top Box atau biasa disingkat STB. STB bisa kamu dapatkan di toko elektronik offline atau online, biasanya kisaran harga Rp200 ribu.

Set Top Box (STB). Foto: Digital Station
Set Top Box (STB). Foto: Digital Station

Nantinya, STB akan terhubung melalui mode AV pada televisi. Lalu, kamu bisa pilih menu pada remot STB dan pilih pencarian saluran. Setelah itu pilih pencarian otomatis dan kamu tinggal tunggu perangkat mencari hingga selesai.

Selain itu, TV digital tidak memerlukan internet. Jadi, kantong aman dan tontonan nyaman, karena kualiatas gambar dan suara menjad lebih jernih.

Topik

Apa Komentarmu ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close