Trending

Seorang TKI positif terjangkit virus corona

Hops.id – Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO telah menetapkan wabah virus corona sebagai kondisi gawat darurat global. Penyebaran virus mematikan yang bermula dari kota Wuhan, China itu sudah sedemikian masif. Beberapa negara di Asia dan Eropa telah melaporkan kasus infeksi virus corona di negara mereka. Singapura melaporkan, seorang TKI terjangkit virus corona.

Indonesia pada saat ini berstatus bebas virus corona. Walaupun saat ini sedang dilakukan karantina terhadap 238 warga negara Indonesia (WNI) asal Wuhan di Natuna. Pemerintah memastikan dan menjamin semua WNI yang telah dievakuasi dari Hubei, China dalam keadaan sehat. Prosedur observasi para WNI itu juga sesuai standar kesehatan WHO, jadi jangan khawatir terkontaminasi virus corona.

Namun, dilaporkan seorang seorang TKI terjangkit virus corona di Singapura. Pekerja wanita itu bekerja sebagai asisten rumah tangga di negeri Singa. TKW berusia 44 tahun tersebut tidak pernah melakukan perjalanan ke China. Ia tertular virus corona dari majikannya yang merupakan warga Singapura.

Baca juga: Heboh makanan dan buah dari China mengandung virus corona, benarkah?

Majikan TKW itu adalah seorang wanita berusia 28 tahun yang bekerja sebagai tenaga pemasaran di Yong Thai Hang. Itu merupakan toko produk kesehatan China yang terletak di Cavan Road. Pelanggan toko tersebut kebanyakan adalah turis China, dilansir dari Strait Times, Selasa, 5 Februari 2020.

Penanganan pasien terinfeksi virus corona. Foto: CGTN
Penanganan pasien terinfeksi virus corona. Foto: CGTN

Si majikan mengalami sakit tenggorokan dan demam pada hari Rabu minggu lalu. Dia menjalani perawatan di Rumah Sakit Tan Tock Seng. Lalu dia diperbolehkan pulang ke rumah setelah hasil rontgen menunjukkan ia enggak terjangkit pnemonia. Dia tidak meninggalkan rumahnya di jalan Bukit Merah dari hari Jumat hingga Minggu. Lalu dia dirawat di RS Singapore General Hospital pada hari Senin.

Sejauh ini pemerintah Singapura sudah melaporkan enam kasus virus corona di negaranya. Selain TKW dan majikannya, seorang rekan kerja si majikan di toko Yong Thai Hang juga terjangkit virus corona. Lalu seorang pemandu tur yang membawa rombongan turis ke toko yang sama juga positif corona. Keempatnya belum pernah pergi ke China. Sehingga bisa disimpulkan, mereka terjangkit virus corona dari turis asal China.

Lalu dua kasus terbaru yang dikonfirmasi oleh Kementerian Kesehatan Singapura adalah dia warganya yang baru saja kembali dari Wuhan dalam penerbangan maskapai Scoot pada 30 Januari 2020.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close