Hobi

Toyota mulai kejepit aturan emisi, pengaruhi Fortuner baru bakal seperti ini

Peraturan regulasi emisi yang semakin ketat di banyak negara membuat produsen mobil seperti Toyota mengaku semakin terjepit. Terlebih saat ini Toyota tengah mempersiapkan banyak model termasuk Fortuner baru yang akan diluncurkan tahun ini.

Pilihan Toyota ditengah terjepitnya kondisi peraturan emisi tersebut membuat produsen terbesar di Indonesia ini, memutuskan untuk mengubah strategi bisnisnya mempersiapkan kendaraan elektrifikasi. Walaupun Toyota sudah memiliki model kendaraan listrik yang telah dipasarkan termasuk rencana untuk Fortuner baru.

Namun kendaraan berbasis elektrifikasi tersebut belum disematkan pada beberapa model tertentu seperti Fortuner yang masih mengusung mesin konvensional atau sektor pacu yang mengandalkan bahan bakar minya seperti bensin dan solar.

Toyota Fortuner
Toyota Fortuner terbaru Foto: Autocarindia

 Yoshiki Konishi, Chief Engineer, Toyota Motor Corporation mengungkap rencananya yang akan mempersiapkan generasi terbaru Fortuner akan menggunakan basis motor bertenaga listrik sebagai penggeraknya.

 Namun pada tahap awal, Toyota Fortuner tidak akan mengusung langsung teknologi elektrifikasi penuh namun secara bertahap akan menggunakan sistem penggerak hybrid untuk digunakan pada sektor pacu di generasi terbaru Toyota Fortuner.

Terlebih saat ini, SUV andalan Toyota di pasar global tersebut masih mengandalkan beberapa model mesin diesel. Bagi Konishi jika hanya mengandalkan mesin disel konvensional, sudah tentu akan sulit mencapai batas emisi yang dipenuhi Toyota.

Toyota Fortuner baru
Toyota Fortuner terbaru lakukan uji jalan Foto: Rushlane

Karenanya diperlukan penambahan motor listrik sebagai penggerak utama pada mesin konvensionalnya. Sehingga kinerja mesin akan terbantu dengan motor listrik yang menghasilkan emisi rendah sesuai dengan peraturan banyak negara saat ini.

“Kami berharap mesin bensin juga mengadopsi hibridisasi. Sebagai referensi, Toyota Fortuner facelift di India tersedia dengan mesin diesel 2.8 liter turbocharged yang menghasilkan 204 hp dan unit bensin 2,7 liter yang menghasilkan 166 hp.” Kata Konishi.

Ubahan generasi terbaru Toyota Fortuner

Generasi terbaru Toyota Fortuner akan tetap mempertahankan leader frame dengan keunggulan yang dinilai sesuai dengan kenyamanan konsumen dibanding penggunaan platform sasis monochoqueq.  

Teknologi terbaru justru akan banyak menggunakan fitur aktif diantaranya menguangi sistem kemudi hidrolik untuk mendukung fitur EPS. Sistem kemudi yang jauh lebih maksimal nantinya akan disokong dengan teknologi Vehicle Stability Control (VSC) yang ditingkatkan, fitur konektivitas yang ditingkatkan, digitalisasi dan fitur ADAS baru.

Toyota Fortuner
Generasi terbaru Toyota Fortuner Foto: Rushlane

 Sistem kemudi dengan fitur aktif ini, akan diproyeksikan Toyota untuk mendukung hadirnya pengendalian otomatis bagi konsumen. Tak menutup kemungkinan jika SUV bongsor gagah yang kini dipandang menjadi status sosial pemiliknya akan lebih modern.

Terkait peluncurannya, generasi terbaru Toyota Fortuner ini akan diluncurkan tahun ini, di pasar India. Bahkan di negara ini berdasarkan tangkapan foto yang diunggah Rushlane, terlihat Toyota Fortuner tengah melakukan uji jalan dengan kamuflase.

Dari tangkapan tersebut tidak diketahui ubahan pada eksterior yang akan diperkenalkan Toyota di generasi terbaru Fortuner. Terlebih di Indonesia belum ada kabar terkait rencana peluncurannya seperti di India.

Topik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close