Luhut Binsar Pandjaitan umumkan harga tiket masuk Candi Borobudur jadi Rp750.000, ini alasannya

- Minggu, 5 Juni 2022 | 11:17 WIB
Candi Borobudur (Mario La Pergola di Unsplash)
Candi Borobudur (Mario La Pergola di Unsplash)

Hops.ID - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan pemerintah akan membatasi jumlah pengunjung di kawasan wisata Candi Borobudur, Jawa Tengah. Jumlah wisatawan akan ditekan hingga sebanyak 1.200 orang per harinya.

Tak hanya itu, Luhut Binsar Pandjaitan juga mengatakan harga tiket masuk ke kawasan Candi Borobudur mengalami perubahan seiring dengan pembatasan 1.200 wisatawan yang diperbolehkan untuk masuk per harinya.

"Kami juga sepakat untuk membatasi kuota turis sebanyak 1.200 orang per hari, dengan biaya 100 dollar untuk wisman (wisatawan mancanegara) dan turis domestik sebesar 750 ribu rupiah. Khusus untuk pelajar, kami berikan biaya 5.000 rupiah saja," kata Luhut Binsar Pandjaitan sebagaimana dikutip dari akun Instagram pribadinya, Minggu 05 Juni 2022.

Baca Juga: Disebut nggak laku di Formula E, Mbak Rara: Nggak peduli, ada juga pawang hujan yang gagal

Luhut sendiri menuturkan langkah tersebut dilakukan demi menjaga serta melestarikan kekayaan sejarah dan budaya nusantara.

Semua turis yang berkunjung ke kawasan candi Borobudur nantinya juga harus menggunakan pemandu wisata (tour guide) dari warga lokal di sekitar kawasan Borobudur.

"Ini kami lakukan demi menyerap lapangan kerja baru sekaligus menumbuhkan sense of belonging terhadap kawasan ini sehingga rasa tanggung jawab untuk merawat dan melestarikan salah satu situs sejarah nusantara ini bisa terus tumbuh dalam sanubari generasi muda di masa mendatang," ujar Luhut.

Baca Juga: Denny Sumargo minta maaf karena podcastnya disebut kutukan

Sosok menteri yang dipercaya oleh Presiden Joko Widodo untuk mengurus beragam persoalan dalam negeri itu menerangkan bahwasannya pemerintah saat ini tengah bersama-sama bergotong royong mengembangkan konsep Candi Borobudur sebagai laboratorium konservasi cagar budaya bertaraf internasional.

Halaman:

Editor: Dion Yudhantama

Sumber: Instagram @luhut.pandjaitan

Tags

Terkini

5 Hotel murah di Jogja, harga di bawah Rp100 ribu

Selasa, 28 Juni 2022 | 16:35 WIB