Tesla digugat oleh mantan karyawan karena lakukan PHK massal

- Selasa, 21 Juni 2022 | 09:50 WIB
Tesla digugat oleh mantan karyawan karena PHK massal (Instagram @teslamotors)
Tesla digugat oleh mantan karyawan karena PHK massal (Instagram @teslamotors)

Hops.ID - Mantan karyawan Tesla Inc. mengajukan gugatan terhadap perusahaan mobil listrik Amerika Serikat, Tesla.  Mereka menuduh keputusan untuk melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) massal telah melanggar undang-undang federal.

Hal ini lantaran pihak Tesla Inc. tidak memberi pemberitahuan sebelumnya tentang PHK kepada karyawan.

Gugatan tersebut dilakukan oleh dua pekerja pada Minggu, 19 Juni 2022 malam, di Texas. Mereka mengatakan diberhentikan dari pabrik raksasa Tesla Inc. di Sparks, Nevada pada Juni 2022. Menurut gugatan itu, lebih dari 500 karyawan diberhentikan di pabrik Nevada.

Para pekerja menyatakan perusahaan tidak mematuhi undang-undang federal tentang PHK massal yang mana memerlukan periode pemberitahuan 60 hari di bawah Undang-Undang Pemberitahuan Penyesuaian dan Pelatihan Ulang Pekerja.

Baca Juga: Marcell Siahaan terpilih sebagai anggota LMKN, Netizen: Ku titipkan nasib royalti kami mas

Saat ini, mereka sedang mencari status class action (gugatan perwakilan) untuk semua mantan karyawan Tesla Inc. di seluruh Amerika Serikat yang diberhentikan pada periode Mei atau Juni 2022 tanpa pemberitahuan sebelumnya.

"Tesla baru saja memberi tahu karyawan bahwa Pemutusan Hubungan Kerja mereka akan segera berlaku," kata pengaduan itu yang dikutip dari Reuters pada Selasa, 21 Juni 2022.

Hingga berita ini rilis pihak Tesla Inc. belum menanggapi permintaan komentar tentang gugatan tersebut.

Sebelumnya, sang CEO, Elon Musk, mengatakan bahwa awal bulan ini dia memiliki "perasaan yang sangat buruk" tentang keadaan ekonomi dunia sehingga perlu memangkas sekitar 10 persen karyawan.

Halaman:

Editor: Alfiyah Rizzy Afdiquni

Sumber: Reuters

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Hotel murah di Jogja, harga di bawah Rp100 ribu

Selasa, 28 Juni 2022 | 16:35 WIB